16 Orang di Papua Barat Positif Covid-19
beritapapua.id - 16 Orang di Papua Barat Positif Covid-19 - Antara

Tim Gugus Tugas Covid-19 Papua Barat melaporkan adanya penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni. Jenis kelamin laki-laki, usia 33 tahun.

Setelah sebelumnya, kasus konfirmasi positif Covid-19 di Teluk Bintuni bertambah 4 orang. Sampai dengan Kamis (23/4/2020), jumlah kasus berjumlah 5 orang yang terpapar virus corona di daerah tersebut.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap mengatakan, Papua Barat mengalami penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19  yang berasal dari Kabupaten Teluk Bintuni sebanyak 1 orang.

Dijelaskannya secara rinci, pasien konfirmasi positif Covid-19 yang pertama adalah laki-laki inisial Tn. JL, usia 28 tahun alamat di Kampung Lama Bintuni. Hasil rapid test di RSUD Bintuni adalah positif. Pasien konfirmasi positif Covid-19 yang kedua adalah laki-laki inisial Tn. MK usia 56 tahun alamat di SP 5 Jalur 9 Argosigemerai Manimeri. Hasil rapid test di RSUD Bintuni adalah positif.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Teluk Bintuni Bertambah 4 Orang

Keluarga Pasien Positif Covid-19 Ikut Terjangkit

Keluarga kontak erat dengan pasien konfirmasi positif yang kedua sebanyak 4 orang dan telah dilakukan skrining dengan rapid test, diambil sampel untuk pemeriksaan PCR, diharuskan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah dan diberikan obat-obatan dan vitamin untuk 7 hari.

Dikatakan dr. Arnold, adanya penambahan 1 orang terkonfirmasi  positif Covid-19, maka jumlah keseluruhan di Papua Barat ada 16 kasus terkonfirmasi Covid-19, dengan rincian Kota Sorong 5 orang, Kabupaten Manokwari 5 orang dan Kabupaten Teluk Bintuni 6 orang.

Berikut ini gambaran situasi perkembangan Covid, untuk OTG  (Orang Tanpa Gejala) tidak ada penambahan. Jumlah keseluruhan masih 293 orang, masih dalam pemantauan 192, dan yang sudah selesai pemantauan 102 orang.

Namun untuk ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada penambahan 6 orang, jumlah keseluruhan  809 masih dalam pemantauan 245 dan yang sudah selesai 564.

Sementara PDP (Pasien Dalam Pengawasan) hari ini tidak ada penambahan. Keseluruhan PDP 46 orang, yang masih dalam pengawasan 17 orang dan yang sudah selesai pengawasan 29 orang.