2.738 Unit Kendaraan Siap Digunakaan Untuk Pelaksanaan PON XX

Persiapan Menuju Pelaksanaan Pekan Olarahga Nasional (PON) XX di Papua kian siap dan terus meningkat. Salah satu persiapannya yaitu persiapan kendaraan untuk melayani atlet juga official selama pelaksanaan PON. Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Kota Jayapura, Rocky Bebena, mengatakan sebanyak 2.738 unit kendaraan telah siap saat pelaksanaan PON XX.

“Kendaraan ini untuk mendukung transportasi para atlet dan official,” ujar Bebena di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (15/4/2021).

Bebena mengatakan, dari 2.738 unit tersebut ada 17 jenis kendaraan lokal yang siap. Dan untuk jenis lainnya yaitu jenis Alphard sebanyak 6 unit, Camry 5 unit, Fortuner 139 unit, Pajero 97 unit, Innova 408 unit, Rush 217 unit, Terrios 209 unit, dan Mobillio 46 unit.

Selain itu, lanjut Bebena, ada juga Expander sebanyak 3 unit, Yaris ada 6 unit, Ertiga ada 47 unit, Avanza ada 999 unit, Xenia ada 276 unit, Sigra ada 54 unit, Calya ada 1 unit, Pick Up ada 88 unit, dan Double Cabin ada 137 unit.

Untuk persiapan PON XX, kendaraan tersebut akan menyesuaikan kebutuhan maupun keperluan para atlet dan official.

“Pembagian kendaraan untuk atlet dan official per-cluster, Kota Jayapura mendapatkan 46 unit bus medium dan 123 unit bus micro,” ujar Bebena.

Bebena juga mengatakan, bahwa kendaraan tersebut telah siap di setiap penginapan maupun tempat tinggal atlet dan official. Hal itu untuk mudah melakukan pelayanan sehingga tidak tertinggal dalam pertandingan.

Selain menyiapkan kendaraan Bebena juga mengatakan telah pihaknya telah melakukan pembenahan untuk menyiapkan jalur alternatif. Hal ini untuk bisa mengurai kemacetan saat PON berlangsung.

Bentuk Pelayanan Pemerintah Kota Jayapura Kepada Setiap Tamu Yang Hadir

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan telah menyiapkan akomodasi kendaraan ini sebagai bentuk pelayanan Pemerintah Kota Jayapura kepada setiap tamu yang akan datang ke ibu kota Provinsi Papua tersebut.

Baca Juga : PT Pertamina Regional Papua Maluku Pastikan Stok BBM dan Avtur Aman

“Ada ribuan atlet dan official, belum lagi ditambah dengan penonton sehingga kota ini akan macet,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano mengatakan, data kebutuhan akomodasi dari masing-masing bidang olahraga sangat penting sehingga atlet dan official tidak ketinggalan pertandingan PON XX.

“Contohnya, atlet dan official menginap di Kota Jayapura tapi pergi bertanding di Sentani. Ini kan tidak benar, jadi harus dilakukan pendataan sesuai dengan penginapan dan dimana atlet itu akan bertanding,” ujar Tomi Mano.

Tomi Mano mengharapkan pelaksanaan PON di Papua, khususnya di Kota Jayapura, berlangsung dengan aman dan nyaman. Setiap tamu, baik atlet, official, dan penonton harus mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya.