20 Personel Polres Mimika Lakukan Isolasi Mandiri
beritapapua.id - Anggota Polres Mimika mulai bersiaga melayani call center masyarakat. (foto : antara)

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Andhinata mengungkapkan ada 20 Personel Polres Mimika terpapar Covid-19. Dan saat ini 20 orang anggota kepolisian itu sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Ia juga mengakatakan bahwa pihaknya akan mendatangi rumah personel yang terpapar Covid-19 untuk melakukan pemeriksaan kepada keluarganya.

“Tim akan mendatangi rumah mereka untuk memeriksakan anggota keluarganya, lalu di rumah mereka akan terpasang stiker isolasi mandiri supaya semua orang melakukan pengawasan bersama-sama,” ujarnya, Selasa (03/8/21).

Ia mengatakan bahwa tercatat sudah ada 10 orang dari lingkungan keluarga besar Polres Mimika yang meninggal akibat terpapar Covid-19.

“Beberapa hari lalu ada anggota kami yang bertugas di Polsek Mimika Baru meninggal dunia karena positif Covid-19. Ada juga anggota Bhayangkari yang menjadi korban dan keluarga besar Polres Mimika lainnya sudah banyak yang menjadi korban Covid-19” ujarnya.

Dia menyebut saat ini anggota Polri dan TNI akan terus membantu pemerintah dalam melakukan pengaman atau memfasilitasi gerai vaksin.

“Memang anggota kami sebagai garda terdepan sangat berisiko, karena setiap saat selalu kontak dengan warga masyarakat. Apalagi warga masyarakat masih banyak yang tidak percaya, bahkan tidak mau tahu dengan protokol kesehatan,” ujar dia.

Menurutnya, saat ini semua pihak memiliki tanggung jawab dan harus bekerjasama dalam melakukan pencegahan Covid-19 di Pemkab Mimika. Untuk itu ia mengimbau kepada semua pihak yang memang pernah berdekatan dengan orang yang positif Covid-19 segera melakukan swab antigen.

Hal ini adalah upaya pencegahan dini agar tidak berpontesi menularkan Covid-19 ke orang lain dan segera bisa terdeteksi. Jika memang nantinya hasilnya ada yang positif akan segera melakukan isolasi mandiri.

Polres Mimika Buka Layanan Call Center

Saat ini Polres Mimika membuka layanan call center 110 selama 1×24 agar warga bisa melaporkan terkait dengan kasus Covid-19. Layanan Call Center ini juga bisa memudahkan warga jika membutuhkan pertolongan cepat terkait kasus Covid-19.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Mencatat Ada 12 Kasus Varian Delta di Papua Barat

“Apabila ada warga masyarakat yang merasa terpapar Covid-19 dan membutuhkan pertolongan segera, silakan menghubungi call center 110. Tim kami akan berkoordinasi dengan PIC 119 Dinas Kesehatan Mimika untuk mendatangi alamat penelepon untuk melakukan swab antigen atau mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat,” kata Era Adhinata.

Hingga Senin (01/08/21), jumlah kumulatif Covid-19 di Mimika mencapai 8.624 orang, dengan jumlah pasien sembuh 7.513 orang, dan jumlah kasus kematian akibat Covid-19 sebanyak 129 orang atau 1,49 persen dari kumulatif kasus.

Kasus kematian tertinggi akibat Covid-19 di Mimika terjadi pada periode 1 Juli hingga 31 Juli 2021 sebanyak 67 orang dengan rata-rata kasus kematian per hari mencapai 4,5 kasus.