24 Pelajar OAP Terima Beasiswa Untuk Studi di Amerika
beritapapua.id - Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Heather Variava melepas keberangkatan 24 pelajar dari provinsi Papua pada Kamis (17/6/2021) (foto : istimewa)

Pemerintah Provinsi Papua kembali memberikan beasiswa kepada 24 pelajar Orang Asli Papua (OAP). Penerima beasiswa tersebut dikirim ke tiga universitas ternama di Amerika Serikat. Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Heather Variava pada Kamis, 17 Juni 2021 bertatap muka dengan mahasiswa tersebut.

Sebelumnya, Pemprov Papua juga telah mengirim 30 pelajar OAP ke Amerika Serikat pada awal Mei 2021 lalu.

Ke-24 pelajar OAP ini merupakan penerima beasiswa Program Siswa Unggul Papua yang dibiayai dari Otsus Papua. Program ini bertujuan memberikan kesempatan bagi pemuda Papua untuk mengejar gelar akademis di universitas di Amerika Serikat.

Menurut Variava, ini menjadi contoh bagaimana institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat membantu Indonesia. Hal ini juga untuk mewujudkan tujuan pengembangan kapasitas manusia di berbagai wilayah di Indonesia.

Dari total 24 mahasiswa OAP penerima beasiswa tahun ini ialah 22 orang dari mahasiswa S1 dan 2 mahasiswa pascasarjana. Mereka dijadwalkan untuk berangkat ke Rhode Island di akhir Juni 2021.

Bekerja sama dengan LSM Papua Language Institute dan mitra di Amerika Serikat, Universitas Johnson & Wales dan Highline College, Universitas Rhode Island meluncurkan program pendidikan campuran (hybrid) secara tatap muka dan daring untuk memberikan dukungan akademik dan membantu memastikan siswa-siswa tersebut dapat melanjutkan studinya ke Amerika Serikat ketika kondisi membaik.

Belajar Bahasa Inggris dan Budaya Amerika Terlebih Dahulu Selama Satu Semester

Ke-24 mahasiswa asal Papua itu, pertama-tama akan melakukan perjalanan ke Universitas Johnson & Wales di Providence, Rhode Island untuk belajar Bahasa Inggris dan Budaya Amerika selama satu semester di musim panas.

Baca Juga : Tenaga Penyuluh dan Polisi Kehutanan di Papua Barat Masih Kurang

Beberapa siswa kemudian akan melanjutkan studinya di musim gugur di Universitas Rhode Island sebagai mahasiswa tahun kedua, sementara yang lain akan terdaftar dalam program gelar Associate di Highline College sebelum kemudian melanjutkan ke Universitas Rhode Island atau Universitas Johnson & Wales.

Sebelumnya pada tahun lalu, sebanyak 35 penerima beasiswa telah terpilih untuk melanjutkan studi di Universitas Rhode Island (URI). Namun, karena adanya pandemi COVID-19, mahasiswa tersebut tidak dapat melakukan perjalanan ke Rhode Island untuk awal tahun ajaran 2020-2021.

Pada Januari 2021 ada juga pelajar yang mendapatkan beasiswa untuk melakukan perjalanan ke Universitas Rhode Island. Penerima beasiswa kala itu adalah sebanyak 10 orang dan mereka memulai pembelajarannya di musim semi secara langsung.