253 Anak Papua Menerima Beasiswa KCP Dari Menteri Agama
Beritapapuai.id - 253 Anak Papua Menerima Beasiswa KCP Dari Menteri Agama - Pikiranrakyat

253 Anak Papua Menerima Beasiswa KCP Dari Menteri Agama – Kementerian Agama melalui Menteri Agama Fachrul Razi memberikan beasiswa bagi 253 anak asli Papua. Beasiswa ini bertujuan agar Anak Papua dapat menyelesaikan pendidikan tingkat perguruan tinggi. Yang mana ke-253 anak penerima beasiswa tersebut akan mengikuti perkuliahan pada berbagai kampus keagamaan yang ada pada enam kota besar seluruh Indonesia. Yakni Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Ambon, Kupang, Tarutung, Palangkaraya dan Toraja.

“Untuk beasiswa ini, kami kirim 253 anak untuk sekolah di enam kota besar di Indonesia, paling tidak saya ingin anak-anak menyelesaikan Strata Satu (S1). Kami juga menawarkan program beasiswa yang lebih tinggi bila telah menyelesaikan program sarjananya.” kata Facrul di Jayapura.

Fachrul meminta kepada para penerima beasiswa yang seluruhnya merupakan anak asli Papua. Agar memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dan menyelesaikan perkuliahan dengan nilai memuaskan. Ia juga menambahkan jika para putra putri asal Papua ini hendak melanjutkan kuliah keluar negeri, maka pihaknya juga sudah memiliki program 5.000 doktor.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Ini bukan bantuan terakhir melainkan akan terus berlanjut. Buat kami Papua harus maju dalam mengejar ketertinggalan. Launching ini hanya simbol, usai ini kami akan mengunjungi lembaga pendidikan keagamaan,” Kata Facrul.

Sementara itu, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Papua Lipiyus Biniluk mengapresiasi bantuan dari Kementerian Agama kepada Papua tersebut. Namun ia juga berpendapat agar penyaluran bantuan tersebut harus tepat sasaran. Lipiyus juga menambahkan agar dari kementerian harus membuka komunikasi dengan lembaga-lembaga atau organisasi keagamaan Papua. Agar segala bentuk bantuan bisa terawasi dengan baik.

Baca Juga: Masyarakat Adat Manokwari Melepas 301 Tukik ke Laut

Kita Cinta Papua 2020

253 Anak Papua Menerima Beasiswa KCP Dari Menteri Agama
Beritapapua.id – 253 Anak Papua Menerima Beasiswa KCP Dari Menteri Agama – antaranews

Selain memberikan bantuan beasiswa, Fachrul Razi juga meluncurkan program Kita Cinta Papua 2020 atau KCP. Peluncuran program KCP bagi masyarakat Papua tersebut berupa acara tatap muka dengan tokoh agama dan tokoh adat Papua.

Launching KCP tersebut melibatkan perwakilan Pemprov Papua dan Kakanwil Kemenag Provinsi Papua. Selain itu hadir pula dalam launching KCP mantan tokoh GSM Muzakir, para tokoh agama dan adat se Papua, para rektor, Stafsus Menag, Dirjen Bimas Kristen, Katolik dan Buddha, Majelis Rakyat Papua, DPR Papua dan Forkopimda Pemprov Papua.

Dalam kesempatan tersebut selain menyerahkan beasiswa untuk anak-anak Papua, Menteri Agama juga memberikan bantuan untuk pendidikan keagamaan dan lembaga keagamaan. Dengan total nilai bantuan mencapai Rp 65 miliar untuk Papua dan Papua Barat.

“Bukan batang sembarang batang, batang bersemi buah Matoa. Kami datang bukan sembarang datang, kami datang karena cinta Papua,” ujar Fachrul saat mengawali pertemuan dengan tokoh adat dan agama Papua.