26 Finalis Duta GenRe Papua Barat Akan Bersaing di Babak Grand Final
beritapapua.id - Foto bersama Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, dr. Eni Gustina, Kepala BKKBN Papua Barat bersama dewan juri serta finalis Duta GenRe Papua Barat. (Foto: Istimewa)

26 Finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Papua Barat akan memasuki babak grand final setelah mendapatkan pembekalan selama 3 hari. Nantinya akan terpilih satu pasang sebagai Duta GenRe Papua Barat Tahun 2022.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, dr. Eni Gustina yang mewakili Kepala BKKBN RI, dalam sambutannya menyampaikan generasi muda harus disiapkan dari sekarang.

Ia mengatakan bahwa remaja di Indonesia sangat banyak jumlahnya yaitu sekitar 68 juta. Remaja-remaja tersebut tentunya merupakan pengganti generasi yang sudah ada sebelumnya.

“Iya, generasi muda ini pengganti kami, Pengganti Ibu Kepala BKKBN, Ibu Koordinator, bahkan pengganti di tingkat nasional, sehingga perlu kita siapkan dari sekarang duta-duta GenRe ini,” katanya.

Tidak Menikah di Usia Anak

Kepada finalis, Ia menitipkan pesan moral agar remaja GenRe tidak menikah di usia anak, karena berdampak buruk.

“Ini merupakan tantangan Duta GenRe. Kita sampaikan agar menolak dinikahkan dibawah usia 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki. Tidak boleh sex bebas, dan merokok yang mana merupakan pintu masuk narkotika,. Tidak menikah muda, tidak merokok dan sex bebas saling berkaitan,” sebutnya.

Baca Juga: Satgas RAFI Papua Pastikan Ketersediaan BBM Aman Selama Ramadhan dan Hingga Idul Fitri

Dalam kesempatan tersebut, Ia menyampaikan apresiasi atas pertunjukan pembukaan yang ditampilkan karena setelah dari provinsi akan juga ada pemilihan Duta GenRe nasional.

“Akan ada ajang nasional sehingga yang juara harus beradaptasi dengan kemampuan teknologi saat ini,” ujarnya.

“Harus jadi agen of change, sebarkan pesan sehat dan kebaikan kepada masyarakat karena tantangan semakin besar bukan saja untuk ber KB tetapi menurunkan stunting,” sambungnya.

dr. Eni Gustina juga berpesan agar Duta GenRe Papua Barat terpilih untuk melakukan inovasi.

“Kalau terpilih ingatkan buatkan inovasi yang berbeda untuk ditingkat nasional, tunjukan bakat kalau jago main musik, biola dan yang lain tunjukan kemampuan itu,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala BKKBN Papua Barat, Philoma Maria Yarollo mengatakan, Dari hasil grand final semoga menghasilkan Duta GenRe yang menjadi mitra dalam melaksanakan program di tingkat provinsi dan Kabupaten/Kota Se Papua Barat.

Para finalis Duta GenRe Papua barat Tahun 2022 akan mendapatkan penilaian dari beberapa dewan juri seperti, Kepala BKKBN Papua Barat, Koordinator Bidang PPKS, BNNP PB dan Dinas Kesehatan Papua Barat.