27 Penyelundup Narkoba di Yordania Berhasil Diamankan
beritapapua.id - Ilustrasi penangkapan penyelundupan narkoba. (Foto: Istimewa)

Tentara Yordania menangkap 27 penyelundup narkoba saat mereka mencoba menyeberangi perbatasan dari Suriah dengan amfetamin dalam jumlah besar selama badai salju. Hal itu dikatakan oleh seorang juru bicara militer Yordania.

Meski begitu, sejumlah penyelundup yang juga membawa obat-obatan terlarang berhasil melarikan diri kembali ke Suriah.

Meningkatnya upaya penyelundupan narkoba dari Suriah selama setahun terakhir membuat tentara Yordania memperketat aturan terkait pertempurannya dengan para penyelundup.

Tentara juga telah menemukan sejumlah besar obat-obatan, kebanyakan umumnya amfetamin yang dikenal sebagai Captagon disembunyikan di truk-truk Suriah yang melewati perbatasan utama Yordania ke wilayah Teluk seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Fenomena Matahari Terbenam Lebih Lambat Akhir Januari 2022 di Jawa – Bali

Para pejabat Yordania mengatakan kelompok Hizbullah Lebanon yang didukung Iran dan milisi yang menguasai sebagian besar Suriah selatan berada di balik lonjakan penyelundupan. Namun kelompok Hizbullah membantah tuduhan itu.

Captagon memiliki pasar yang berkembang di Teluk, dan para pakar obat PBB mengatakan Suriah, yang dihancurkan oleh perang saudara selama satu dekade, telah menjadi lokasi produksi utama obat-obatan di kawasan itu yang juga ditujukan ke Yordania, Irak, dan Eropa.