3 Jenis Ikan yang Kaya Akan Omega 3
beritapapua.id - ilustrasi ikan yang mengandung omega 3 (foto : shutterstock)

Ikan selalu identik dengan makanan sehat. Beberapa anggapan soal kandungan ikan adalah kaya protein, mineral, dan lemak sehat. Namun, ada satu kandungan dalam ikan yang memiliki khasiat luar biasa pada tubuh. Yakni adalah omega 3.

Omega-3 adalah sejenis minyak sehat atau lemak tak jenuh yang biasanya terdapat pada makanan dari laut. Adapun makanan lainnya yang mengandung omega-3 adalah telur, minyak kanola, minyak zaitun, kacang kedelai, dan biji-bijian.

Selanjutnya, minyak omega-3 ini punya banyak manfaat bagi tubuh. Pertama, omega-3 mampu memperkuat daya tahan tubuh. Kemudian, omega-3 terkenal akan kemampuannya memperbaiki jaringan saraf dan otak.

Dengan demikian, omega-3 mampu memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, hingga mencegah risiko penyakit otak.

Manfaat ketiga, omega-3 adalah mencegah risiko kanker pada tubuh. Zat ini mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Adapun jenis kanker yang terhambat adalah kanker prostat, usus besar, pankreas, dan payudara.

Berdasarkan penelitian, masing-masing individu memiliki kebutuhan omega-3 harian. Untuk bagi bayi dan anak-anak, mereka membutuhkan 500-900 mg per hari. Kemudian, untuk pria dewasa membutuhkan 1600 mg per hari.

Sedangkan untuk perempuan dewasa membutuhkan 1100 mg per hari. Lantas, dari mana kita bisa mendapatkan asupan tersebut? Berikut 3 ikan laut yang memiliki kandungan ome 3 yang baik.

1. Ikan Tenggiri

Melansir halodoc, satu potong tenggiri mengandung 5.134 mg omega-3. Ikan ini sangat kaya akan nutrisi. Misalnya, ikan ini mengandung vitamin C, A, E, K, hingga B12 dan masih banyak lagi lainnya.

Penyajian terbaik ikan tenggiri adalah 3,5 persen dari satu ikan tersebut, yakni 100 gram.

2. Salmon

Ikan ini adalah yang paling populer soal kandungan omega-3 nya. Ikan ini adalah ikan yang paling sering menjadi bahan untuk membuat minyak ikan. Dalam 100 gram fillet salmon yang sudah masak setidaknya mengandung 4.123 mg atau 2.260 mg omega 3.

Baca Juga : Rangga Sunda Empire Sebut Banten Memerdekakan Amerika

Selain itu, ikan salmon juga mengandung banyak nutrisi. Adapun nutrisi yang terkandung dalam salmon adalah vitamin D, selenium, dan vitamin B.

3. Tuna

Ikan tuna juga termasuk dalam ikan yang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Kendati demikian, tak sembarang tuna memiliki kandungan yang baik. Ada beberapa jenis tuna yang justru mengandung zat berbahaya.

Ikan tuna yellowfin, albacore, dan ahi, sebaiknya tidak terlalu sering untuk kita konsumsi. Karena, ikan ini mengandung merkuri. Ikan tuna dengan warna yang lebih cerah adalah ikan tuna yang lebih baik.

Itulah 3 ikan dengan kandungan omega-3 yang baik. Oleh karenanya, jangan sampai lewatkan kandungan omega-3 harian ya. Dan, jangan lupa untuk berdoa saat memakan atau mengolah ikan tersebut.