4 Manfaat Sholat Tahajud, Salah Satunya Meningkatkan Karier
Ilustrasi sholat tahajud (foto : istimewa)

4 Manfaat Sholat Tahajud, Salah Satunya Meningkatkan Karier – Pada bulan yang penuh berkah ini, tentu kita ingin berlomba-lomba dalam beribadah dan berbuat kebaikan. Mulai dari mengaji hingga berbuat baik. Banyangkan, satu kebaikan dapat bernilai berkali-kali lipat hingga 700 kali. Sebagaimana hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan kebaikan manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Karena dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Begitu luar biasanya keutamaan dan keberkahan bulan Ramadhan. Bahkan, rasa malas untuk beribadah pun hilang. Dengan demikian, kita tentu ingin melakukan yang terbaik. Lantas, apa amalan lainnya yang bernilai besar?

Selain berpuasa, berbuat baik dan membaca Alquran, kita dapat melaksanakan sholat tahajud. Perhatikan hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163)

Karena itu, sholat malam adalah sebaik-baiknya sholat sebagaimana puasa Ramadhan adalah puasa terbaik. Lantas, apa saja keutamaannya?

1. Masuk ke dalam Surga dengan Selamat

Pertama, Allah subhanahu wa ta’ala mencitai mereka yang sholat malam. Allah senantiasa akan memasukkan mereka ke dalam surga penuh dengan keselamatan. Sebagaimana hadis dari Abdullah bin Salam radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ! أَفْشُوا اَلسَّلَام, وَصِلُوا اَلْأَرْحَامَ, وَأَطْعِمُوا اَلطَّعَامَ, وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ, تَدْخُلُوا اَلْجَنَّةَ بِسَلَامٍ

“Wahai manusia! Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat). Berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), shalatlah waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur. Tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi no. 2485 dan Ibnu Majah no. 1334.)

Baca Juga : Resep Nasi Telor Kecap Yang Tak Biasa

2. Mengangkat Derajat Seseorang

Kedua, mereka yang gemar sholat malam akan naik ke arah tempat yang terpuji. Misalnya, dalam hal pekerjaan atau kariernya mendapatkan posisi terbaik. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah sholat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79)

Faktanya, pekerjaan terbaik tidak melulu soal uang. Melainkan sebuah pekerjaan yang mengingatkan kita kepada agama dan Allah serta memudahkan kita untuk beribadah.

3. Mendapatkan Pertolongan Allah Langsung

Selanjutnya, orang yang rajin sholat malam akan mendapatkan pertolongan Allah langsung. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا الأَرْحَامَ وَصَلُّوا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahim, dan sholatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR Ibnu Majah)

4. Mendapatkan Jalan Keluar dalam Setiap Kesulitan

Kemudian, mereka yang sholat malam senantiasa Allah berikan jalan keluar dari setiap permasalahnnya. Meskipun tetap akan ada ujian dari Allah, tapi akan jauh lebih ringan dan mendapatkan jalan keluar terbaik. Karena itu, jangan malas sholat malam ya.

Jadi, mari jadikan momen ramadhan ini sebagai waktu untuk berbenah. Dengan demikian kita dapat menjadi orang yang Allah cintai.