4 Tips agar Tidak Ngantuk Setelah Sahur
Ilustrasi ngantuk (foto : shutterstock)

Bukan barang rahasia jika mengantuk setelah sahur. Pertama, kita tidak terbiasa bangun dan beraktivitas sepagi itu. Kedua, rasa kenyang membuat tubuh kita berat dan mengantuk. Ketiga, kita tidak memiliki kegiatan yang berarti.

Yang menjadi masalah adalah upaya kita menahan kantuk tersebut. Jika kita terlena dan tidur, maka itu akan memengaruhi kesehatan kita. Memang, efek samping dari tidur setelah sahur tidak langsung terasa.

Namun, dampak jangka panjangnya sangat berbahaya. Tidur setelah sahur dapat memicu berbagai penyakit. Misalnya, asam lambung, sakit tenggorokan, sembelit, naik berat badan, bahkan serangan jantung.

Untuk itu, penting bagi kita untuk menahan rasa kantuk setelah sahur. Berikut ada 3 tips agar tidak mengantuk setelah makan banyak pada sahur.

1. Makan Perlahan dan Nikmati Makanannya

Kita bisa mencoba untuk makan secara perlahan. Menurut beberapa penelitian, makan terlalu cepat membuat tubuh stress. Selanjutnya, kita bisa mencoba berbagai menu yang memiliki keseimbangan lemak dan protein.

Baca Juga : KONI Papua-Pangdam Cenderawasih Berkolaborasi Kawal PON XX

Menu yang dapat kita coba seperti telur, pisang, dan kacang-kacangan. Sayuran juga untuk sahur. Misalnya, selada dan lobak yang menganduk vitamin C dan kaya air. Sehingga, tubuh tidak mengalami food comma atau mengantuk setelah makan.

Konsumsi air juga penting untuk mencegah hal tersebut.

2. Kurang dan Perhatikan Porsi Makanan

Terlalu banyak makan membuat tubuh memproduksi banyak hormon. Salah satunya hormon yang dapat membuat kantuk, yakni melatonin. Untuk itu, mulailah untuk mengurangi porsi makan mu. Maksudnya, jangan makan banyak dalam satu waktu.

Selanjutnya, kurangi makanan yang mengandung gula dan tepung olahan. Kedua hal ini dapat membuat tubuhmu memproduksi melatonin. Selain itu, dua zat itu mengantung banyak karbohidrat yang menyebabkan kantuk.

3. Lakukan Aktivitas yang Berarti

Untuk mencegah rasa kantuk, upayakan gerakkan tubuh setelah makan. Kita bisa memulai dengan cara membersihkan rumah, atau olahraga ringan. Kegiatan tersebut memicu hormon adrenalin dan mampu memperbaiki mood kita.

Atau kita bisa berjalan pagi untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Sehingga, tubuh kita memiliki sirkulasi darah dan oksigen yang baik agar tidak mudah ngantuk