400 Posisi Jabatan BUMN Siap Diisi Putra-Putri Papua
Beritapapua.id - 400 Posisi Jabatan BUMN Siap Diisi Putra-Putri Papua - Media BUMN

400 Posisi Jabatan BUMN Siap Diisi Putra-Putri Papua – Kementerian BUMN membuka Pelaksanaan Program Perekrutan Bersama (PPB) untuk putra-putri Papua dan Papua Barat yang mulai sejak 9-20 November 2020. Dari sana, sebanyak 16.752 putra-putri Papua dan Papua Barat menjadi peserta.

Pada pertengahan bulan Desember ini, para peserta telah menyelesaikan tahap kedua yakni seleksi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Value. Menurut informasi terbaru dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) selaku operator rekrutmen, selanjutnya peserta akan melakukan tes oleh BUMN terkait.

“Kami sedang match up peserta lolos tes TKD dan Values dengan kebutuhan posisi di BUMN masing-masing yang akan diumumkan lebih kurang minggu ketiga Desember 2020. Ada sekitar 400 lebih posisi yang akan diisi pada PPB Putra/Putri Papua-Papua Barat BUMN tahun 2020,” ungkap Sofyan Rohidi, Direktur Eksekutif, dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, terdapat 400 lebih posisi yang akan diisi oleh putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat. Menurut jadwal, proses seleksi oleh BUMN terkait akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Desember.

Baca Juga: Ribuan Putra-Putri Papua Jalani Tes Rekrutmen BUMN 2020

Adapun peserta akan melalui tiga tahapan dalam seleksi BUMN terkait. Tahapan tersebut antara lain tes kemampuan sesuai posisi, interview manajemen, dan tes kesehatan. Tentunya, seluruh proses seleksi mengikuti protokol kesehatan.

Meski terkendala pandemi, Sofyan mengaku terus mengupayakan proses rekrutmen terus berjalan. Pihak FHCI menyatakan mereka tetap menjalankan proses rekrutmen sesuai dengan protokol kesehatan dan memastikan semua berjalan sesuai jadwal.

“Menjadi suatu tantangan tersendiri bagi FHCI BUMN dalam pengelolaan rekrutmen di tengah suasana pandemi yang penuh dengan dinamika ketidakpastian. Namun Program Perekrutan Bersama (PPB) untuk Putra/Putri Papua-Papua Barat BUMN tahun 2020 tetap dilaksanakan secara online,” papar Sofyan.

Baca Juga: Prof Yohanes Surya, Cendekiawan yang Berjasa untuk Papua

Akhir Januari 2021, PPB Akan Selesai

Pandemi menjadi kendala dalam program PPB oleh Kementerian BUMN. Salah satunya berdampak pada tahap bela negara. Dalam tahap ini, sejatinya peserta yang telah menyelesaikan tahap seleksi akan bertemu secara masal.

Namun, lantaran pandemi, peserta direncanakan akan bertemu secara virtual. Pihak BUMN dan FHCI menjadwalkan bahwa seluruh proses rekrutmen akan selesai pada minggu keempat bulan Januari.

“Pelaksanaan Program Perekrutan Bersama (PPB) untuk Putra/Putri Papua-Papua Barat BUMN tahun 2020 direncanakan akan selesai di Minggu ke 4 Bulan Januari 2021,” papar Direktur Eksekutif FHCI dalam pernyataan tertulis kepada beritapapua.

Dalam PPB tahun ini, BUMN berkomitmen untuk menyerap seluruh putra-putri Papua dengan kompetensi yang memadai. Salah satunya adalah lulusan Pusat Pelatihan Teknik Industri Minyak dan Gas (P2TIM). Sekolah yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, itu telah mencetak ratusan tenaga ahli.

“Dalam konteks pelaksanaan Program Perekrutan Bersama Putra/Putri Papua tahun 2020, dapat disampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian BUMN dan FHCI berkeinginan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi putra-putri Papua dari berbagai latar belakang pendidikan yang dibutuhkan BUMN,” ungkap Sofyan.

“Termasuk lulusan P2TIM yang memenuhi persyaratan dan sesuai kualifikasi BUMN terkait. Pada PPB tahun 2020 ini kiranya juga terdapat BUMN yang memiliki “link & match”dengan tenaga-tenaga semi skilled dimaksud,” imbuhnya.