47 Pelajar Jayapura Terima Beasiswa Dari BJAMSOSTEK
beritapapua.id - ilustrasi pelajar di Papua (dok. mekanis raider 411)

Sebanyak 47 pelajar dari berbagai jenjang pendidikan mendapatkan santunan beasiswa dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Papua Jayapura.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura, I Ketut Arja Leksana menuturkan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu bagian dari program BPJAMSOSTEK.

“Beasiswa ini adalah bagian dari manfaat program BPJAMSOSTEK,” ujarnya pada, Kamis (27/5/2021).

Arja mengatakan bahwa pembayaran santunan beasiswa itu menyusul keluarnya aturan turunan dari PP Nomor 82 Tahun 2019. Sebagaimana yg ia maksud adalah Permenaker Nomor 5 Tahun 2021 tentang tata cara penyelenggaraan program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan Jaminan Hari Tua. Dan aturan tersebut sudah mulai berlaku 1 April 2021 kemarin

Santunan Beasiswa Sesuai Dengan Intruksi Presiden

Santunan beasiswa ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Sosial Ketenagakerja.

“Penerima santunan beasiswa dengan rincian TK 2 orang, SD 19 orang, SMP 10 orang, SMA 13 orang, dan mahasiswa 3 orang dengan total jumlah bayar Rp126.500 juta,” ujar Arja.

Menurut Arja, bantuan santunan beasiswa yang diberikan dapat membantu meringankan beban biaya pendidikan. Apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga : Disdik Kota Jayapura Terus Gencar Lakukan Penuntasan Buta Aksara

Arja mengharapkan kepada badan usaha yang menjadi peserta untuk membayar iuran tepat waktu setiap bulannya. Dalam hal ini tujuannya adalah untuk memudahkan dan mempercepat pembayaran klaim dan hal-hak kepada peserta.

Ia juga minta perusahaan yang belum mengikuti program JHT dan JP, agar segera mendaftar. Alasannya karena begitu banyak manfaat yang sangat besar bagi pekerja pada saat berhenti bekerja maupun mencapai pensiun.

“Seluruh peserta BPJAMSOSTEK yang mengalami kecelakaan kerja hingga meningga dunia. Selain memperoleh santunan kematian juga mendapat beasiswa untuk dua orang anak yang masih sekolah dengan biaya sebesar Rp174 juta,” ujar Arja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo, mengaku sangat berterima kasih atas perhatian dari BPJAMSOSTEK Cabang Papua Jayapura dengan memberikan santunan beasiswa kepada peserta didik.

“Beasiswa ini sangat membantu untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Harapan saya beasiswa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama untuk membeli keperluan dalam menunjang belajar,” ujar Pasolo.

Pasolo berharap agar semakin banyak lagi warga maupun badan usaha di ibukota Provinsi Papua ini yang menjadi peserta BPJAMSOSTEK untuk kebaikan masa depan.