548 Guru Honorer di Kabupaten Manokwari Belum Menerima Gaji
beritapapua.id - Teanga Guru honorer menemui Bupati Manokwari. (Foto: Kompas)

Sebanyak 548 guru honorer di Kabupaten Manokwari belum menerima gaji. Beberapa dari mereka ada yang sudah tiga bulan belum menerima gaji dan sebagian lainnya sudah enam bulan.

Karenanya sejumlah guru honorer bertemu dan menyampaikan itu kepada Bupati Manokwari, Hermus Indou pada, Senin (21/03/2022).

Usai mendengar keluhan dari para guru honor, Hermus mengatakan bahwa terkait gaji tersebut akan mengadakan rapat secara khusus.

Menurut Hermus, Pemkab Manokwari pun berupaya dan sudah memerintahkan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Manokwari untuk memproses pengangkatan para guru honor tersebut menjadi ASN melalui mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

“Terkait upaya Pemkab Manokwari untuk mengangkat bapak-ibu sebagai ASN melalui mekanisme P3K di Pemkab Manokwari, saya sampaikan kepada bapak-ibu bahwa Pemkab Manokwari sudah mengupayakannya dan sudah memerintahkan kepada BKPP untuk segera memprosesnya. Jadi sesudah apel ini mekanisme pemberkasan dan lain sebagainya sudah bisa untuk diproses. Jadi adik-adik sudah pasti diangkat jadi pegawai P3K. Formasinya sudah ada dan adik-adik sudah melalui proses adminsitrasi dan lain sebagainya sudah dilakukan. Jadi percaya kepada Pemkab Manokwari,” ungkapnya.

Menyampaikan Masalah Kepada Bupati

Namun, Hermus meminta agar bila ada masalah, maka segera menyampaikannya kepada bupati.

“Saya cuma minta, kalau ada masalah tolong dilaporkan kepada bupati. Jangan melalui mekanisme yang seolah-olah ada orang yang mau cari muka dengan adik-adik padahal dia tidak berjuang untuk adik-adik semua,” katanya.

Baca Juga: 58 Tim Futsal Mengikuti Turnamen Wali Kota Cup di Kota Jayapura

Hermus meminta para guru honor tersebut untuk besabar. Yang penting para guru honor itu sudah mendapat tempat tugas.

“Jadi khusus tenaga P3K guru saya minta dengan hormat untuk bersabar. Segala sesuatu ada waktunya. Yang paling penting adik-adik hari ini sudah mendapatkan tempat untuk bertugas. Itu jadi arguumentasi untuk adik-adik bisa diusulkan jadi pegawai P3K. Yang penting sudah masuk data base, itu sudah. Kecuali yang baru masuk mendafftar dan menjadi pegawai honor baru harus tunggu. Kita proses yang lama selesai dulu baru mencari jalan untuk yang baru lagi,” pungkasnya.