58 Tim Futsal Mengikuti Turnamen Wali Kota Cup di Kota Jayapura
beritapapua.id - Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat menyerahkan Piala bergilir Wali Kota Cup kepada Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura, Mathias Mano. (Foto: Jubi)

Sebanyak 58 tim futsal bakal bertarung memperebutkan trofi juara turnamen Wali Kota Cup yang berlangsung mulai 18 – 28 Maret di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih, Kota Jayapura, Papua.

Adapun 58 tim futsal tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni 24 tim kategori SMA dan 34 tim kategori umum. Tim-tim tersebut tak hanya berasal dari Kota Jayapura tapi juga melibatkan SMA dari Kabupaten Jayapura dan tim futsal dari Manokwari, Merauke dan Keerom.

Ketua Asosiasi Futsal Kota Jayapura, Mathias Mano mengatakan bahwa turnamen futsal tersebut akan berlangsung hingga 21 Maret mendatang.

“Peserta untuk kategori SMA ada 24 tim, empat dari Kabupaten Jayapura dan 20 dari Kota Jayapura. Kategori umum ada 34 tim, tiga dari Manokwari, satu dari Merauke, satu dari keerom dan 29 klub dari Kota Jayapura. Kategori SMA mulai digelar hari ini, dan tanggal 21 Maret nanti akan digelar untuk kategori umum,” ujarnya.

Hadiah Turnamen Wali Kota Cup

Turnamen ini tak hanya memperebutkan Piala bergilir Wali Kota Jayapura, tapi juga uang pembinaan dengan total sebesar Rp 80 juta.

“Turnamen pertama ini adalah diselenggarakan oleh asosiasi futsal Kota Jayapura, yang kepengurusannya baru saja dilantik oleh ketua asprov PSSI yang juga sebagai Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Ajang ini juga sekaligus untuk memeriahkan HUT kota Jayapura ke-112 tahun dan Pekabaran Injil. Turnamen ini digelar untuk pertama kalinya, setelah sekian lama kita vakum akibat pandemi Covid-19,” ujar Mathias.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Satu Tersangka Pendemo Kerusuhan di Dekai Yahukimo

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru dalam sambutannya mengimbau kepada para peserta untuk menjunjung tinggi sportivitas. Terlebih turnamen ini juga bisa untuk memupuk dan menjaga persatuan.

Ia juga mengatakan bahwa peserta bisa menampilkan yang terbaik selama pelaksanaan turnamen tersebut.

“Hari ini kita membuka turnamen ini yang menjadi agenda asosiasi futsal kota Jayapura dan tentu sangat ramai dan membanggakan. Di usia Kota Jayapura yang ke-112 tahun ini, walikota berpesan agar seluruh peserta bisa menampilkan permainan terbaik, karena berapa waktu lalu pada PON XX, tim Papua bisa menjuarai cabor futsal,” kata Rustan Saru.