6 Negara ini, Mulai Menganggap Covid-19 Seperti Flu Biasa
beritapapua.id - Ilustrasi keramaian warga Amerika Serikat di Plaza. (Foto: AP)

Corona Virus 19 atau Covid-19 masih ada di sekitar kita. Termasuk Indonesia, beberapa negara lainnya juga menghadapi gelombang penambahan kasus terinfeksi Covid-19. Virus yang mampu bermutasi dengan cepat ini ditakuti oleh banyak orang karena sangat mudah menular. Negara-negara di dunia pun melakukan berbagai macam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi.

Covid-19 yang sudah menyerang dunia sejak akhir Desember 2019 lalu kini mulai dianggap sebagai flu biasa, karena sejumlah negara kini telah berhasil mengatasi wabah ini dan memulai kembali kondisi yang normal.

Beberapa negara mampu mengendalikan penyebaran virus yang sempat ditakuti ini sehingga menjadi lebih sedikit dan terkontrol. Beberapa negara bahkan sudah tidak lagi mewajibkan masyarakatnya untuk menggunakan masker. Negara mana saja sih yang sudah menerapkannya?

1. Selandia Baru

Selandia baru menjadi salah satu negara yang sudah bisa dikatakan “bebas” dari virus corona. Sejak awal pandemi ini berlangsung, Selandia baru langsung membuat kebijakan untuk menerapkan penguncian wilayah atau lockdown secara nasional. Hal ini merupakan upaya pembatasan pergerakan dan interaksi agar dapat memutus rantai penyebaran infeksi.

Pemerintah selandia Baru juga gencar melakukan pemeriksaan massal untuk melacak kasus terinfeksi agar dapat segera menekan penularannya. Hal ini terbukti mampu mencegah lonjakan jumlah kasus infeksi virus corona di Selandia baru.

2. Singapura

Singapura dinilai memiliki sistem pengendalian infeksi Covid-19 yang baik. Mereka menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pemeriksaan serta pelacakan kontak erat dengan yang terinfeksi sehingga mampu menekan penularan angka terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Hubungan antara Rusia dan Ukraina Masih Memanas, Bagaimana Perundingan Damainya?

Selain itu Singapura juga berhasil melaksanakan program vaksinasi massal bagi seluruh warganya. Tidak heran bahwa Singapura termasuk ke dalam negara dengan jumlah vaksinasi yang tinggi. Meskipun peraturan tentang Covid-19 sudah diperlonggar, namun pemerintah tetap menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker ketika berpergian ke luar rumah.

3. Korea Selatan

Di Korea Selatan, warganya yang sudah melakukan vaksinasi untuk Covid-19 sekurang-kurangnya satu kali, tidak lagi diwajibkan untuk menggunakan masker ketika berada di luar ruangan.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat juga tergabung dalam sejumlah negara yang membebaskan warganya dari penggunaan masker di luar ruangan. Namun hal ini tentunya hanya berlaku untuk warganya yang sudah melakukan vaksinasi untuk Covid-19 sebanyak dua kali atau lebih.

5. China

Sebagai negara yang pertama kali melaporkan kasus Covid-19, china kini berhasil mengendalikan penyebaran infeksi tersebut. Menjadi negara yang pertama kali terinfeksi, China juga menjadi negara yang pertama kali bangkit dari pandemi ini.

6. Australia

Australia menjadi salah satu negara dengan peraturan ketat ketika menghadapi pandemi Covid-19 ini. Saat jumlah kasus terinfeksi di Australia mengalami kenaikan, negara tersebut langsung melakukan lockdown secara ketat.

Selain pemerintahnya, warganya yang taat juga menjadi salah satu pendorong bisa teratasinya kasus Covid-19 ini. Saat ini Australia telah mengizinkan turis masuk ke negaranya namun hanya turis dari negara yang telah bebas Covid-19.

Sama seperti warga di berapa negara lainnya, warga Australia juga sudah tidak diwajibkan untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Namun, mereka tetap dihimbau untuk mengenakan masker ketika bepergian menggunakan transportasi umum atau ketika berada di rumah sakit.