600 Orang Telah Lakukan Vaksinasi di Puskemas Okaba, Merauke
beritapapua.id - Dokter di Puskesmas Okaba, dr. Tiara Sari. (foto : jubi)

Seorang dokter di Puskesmas Okaba, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, dr. Tiara Sari mengaku sebanyak 600 orang di distrik tersebut telah menerima vaksinasi. Hal ini karena banyaknya warga yang ingin menerima vaksinasi.

Ini juga salah satu bentuk kesadaran dari aparatur kampung dan distrik dalam membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Oleh karena itu pelaksanaan vaksinasi di Okaba bisa terbilang berhasil.

Umumnya yang mendapat vaksin Covid-19 adalah aparatur kampung dan distrik, serta para pedagang. Sedangkan masyarakat secara umum belum. Karena memang untuk bisa melaksanakan pemberian vaksin secara merata kepada masyarakat disana harus ada persiapan yang matang.

Untuk itu Ia menjelaskan bahwa saat ini tengah melakukan persiapan agar bisa kembali melaksanakan vaksinasi kepada warga yang ada di Okaba.

“Memang ada beberapa warga sudah ikut divaksin. Hanya jumlahnya masih sedikit. Kami sedang melakukan persiapan untuk ke kampung-kampung,” ungkap Tiara.

Ia mengatakan sudah ada sejumlah vaksin yang siap untuk diberikan kepada masyarakat. Hanya tinggal menunggu waktu untuk melakukan perjalanan ke kampung-kampung. Dan selain itu memang perlu adanya kesiapan matang dalam melakukan perjalan ke kampung-kampung karena jangkauannya sangat jauh.

“Butuh persiapan matang, mengingat kampung-kampung yang dijangkau sangat jauh,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Jayapura Mulai Terapkan PPKM, Aktivitas Sampai Jam 6 Sore

Ia juga mengaku terus melakukan koordinasi dengan Kepala Distrik Okaba. Hal ini bertujuan agar bisa mengatur waktu untuk perjalanan ke kampung. Karena memang jika melihat kondisi dan jarak tempuh untuk melakukan perjalanan ke kampung-kampung itu tidak bisa hanya dalam waktu dalam sehari saja.

Hingga Saat Ini Tidak Ada Warga Okaba Yang Terpapar Virus Covid-19

Dokter Tiara juga mengatakan berdasarkan laporan, hingga saat ini belum ada warga Okaba yang terpapar virus Covid-19. Untuk itu langkah vaksinasi ini juga penting agar nantinya warga juga akan tetap terus tidak terpapar dari virus Covid-19.

“Jadi Okaba masih bersih dari virus tersebut,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita, mengatakan, kurang lebih 51.000 warga di kabupaten di wilayah selatan Papua tersebut telah menerima vaksinasi.

Untuk tahap pertama sudah mencapai 31.000, sedangkan tahap kedua sekitar 20.000 warga dan ini akan terus berlanjut sehingga semua warga bisa mendapatkan vaksinasi.