7 Atlet PON XX Positif Covid Jalani Perawatan di RSUD Mimika
beritapapua.id - Direktur RSUD Mimika dr Antonius Pasulu. (foto: Antara)

Sebanyak tujuh atlet dari empat kontingen menjalani perawatan di ruang isolasi RSDU Mimika, Papua. Ketujuh atlet di PON XX Papua itu sebelumnya dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Direktur RSUD Mimika, dr Antonius Pasulu pada, Rabu (06/10/2021) mengatakan bahwa masih ada tujuh orangnya yang menjalani perawatan di ruang isolasi.

“Sampai pagi ini ada tujuh orang yang kami rawat di ruang isolasi RSUD Mimika,” ujarnya.

Dia mengatakan tujuh atlet yang menjalani perawatan isolasi itu berasal dari kontingen DKI Jakarta, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain itu ada seorang official.

Ia juga menjelaskan bahwa hanya satu atlet yang memiliki gejala Covid-19, namun masih dengan gejala ringan. Sedangkan atlet lainnya yang terkonfirmasi Covid-19 tidak memiliki gejala.

‚ÄúSatu orang atlet basket dari DKI Jakarta dengan gejala ringan, lima orang atlet judo yaitu tiga orang dari DKI Jakarta dan dua orang dari Kaltim. Mereka semua tanpa gejala. Lalu, satu orang atlet futsal kontingan NTB tanpa gejala,” jelas Antonius.

Petugas Kesehatan Bergegas Lakukan Tracing

Dia memastikan kondisi para atlet yang menjalani isolasi itu secara baik-baik saja. Petugas kesehatan juga sudah melakukan tracing atau penelusuran kontak erat para atlet yang terpapar Covid-19 itu. Dari hasil tracing petugas kesehatan kepada orang-orang yang melakukan kontak erat dengan atlet tersebut hasilnya negatif.

Menurut Antonius, para atlet yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu rata-rata terdeteksi saat pemeriksaan PCR untuk kepentingan penerbangan kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Baca Juga: Muaythai Papua Berhasil Sumbangkan 6 Emas, 4 Perak, dan 3 Perunggu

Sementara itu, Pelatih tim bola basket putri DKI Jakarta, Andrew Tambunan mengapresiasi kinerja Satgas Covid-19 di PON XX. Karena ia merasa Satgas Covid-19 sangat bertindak cepat saat salah satu anak asuhnya terkonfirmasi Covid-19.

“Saya merasa Satgas COVID-19 di sini bekerja dengan baik. Mereka mengikuti protokol yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan,” ujar Andrew di Mimika Sport Complex, Mimika, Senin (04/10/21) kemarin.

Menurut Andrew, begitu ada pemain di timnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan tes swab PCR, Satgas setempat langsung melakukan isolasi terhadap yang sakit dan melacak penyebaran.

Semua pemain, pelatih dan staf tim putri DKI Jakarta diperiksa sampai akhirnya Satgas Covid-19 memberikan mereka lampu hijau untuk bermain kembali.