7 Orang di Kota Sorong Terkonfirmasi Covid-19 Varian Omicron
beritapapua.id - Ilustrasi tes kesehatan. (Foto: Voi)

Sebanyak tujuh pasien Covid-19 di Kota Sorong, Papua Barat, terkonfirmasi varian Omicron. Hasil ini sesuai dengan laporan Satuan tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat.

Juru bicara Satgas Covid-19 Papua Barat, dokter Arnold Tiniap, membenarkan ada tujuh kasus varian Omicron terkonfirmasi dari hasil pemeriksaan sampel di Balitbangkes Jayapura.

“Dari Dinas Kesehatan Kota Sorong, saya mendapatkan informasi bahwa sampel yang dikirim ke Balitbangkes Jayapura, ada 10 sampel, dimana tujuh sample ada yang terdeteksi Omicron,” kata Ruddy Lakku, di Sorong, Rabu (16/2/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya akan menyampaikan rincian orang yang terkonfirmasi vasian Omicron setelah mendapatkan data lengkap dari Dinas Kesehatan Kota Sorong.

“Tapi soal rinciannya kami akan sampaikan nanti besok (Kamis) baru, tujuh orang itu beralamat dan wilayah mana saja. Intinya semua di wilayah kota Sorong. Nanti besok baru kita laporkan hasilnya setelah mendapatkan laporan tertulis dari Dinas Kesehatan.” ujar Ruddy.

Sementara itu, menurut Ruddy hingga 15 Februari 2022 ada penambahan kasus positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 92 orang. Dengan hasil tersebut membuat total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Sorong hingga saat ini berjumlah 646 kasus.

“Untuk perkembangan data hingga 15 Februari 2022, ada penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 92 orang. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi di Kota Sorong sampai saat ini dari bulan Januari hingga 15 Februari 2022 ada penambahan total 646 kasus aktif.” katanya.

Mengalami Peningkatan

Ia mengungkapkan bahwa saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah itu juga sudah mengalami peningkatan menjadi sebanyak 133 orang. Sehingga total kasus aktif positif Covid-19 yang masih dalam perawatan dan melakukan isolasi mandiri sebanyak 513 orang.

Ruddy menjelaskan bahwa pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini lebih banyak melakukan isolasi Mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga: Usia Produktif Menjadi Kasus Terpapar Covid-19 Terbanyak di Kota Jayapura

“Saat ini jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit ada 46 orang, sementara yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 447 orang,” ujarnya.

Total kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 sejak 2020 hingga 15 Februari 2022 sebanyak 6924 orang. Sedangkan total meninggal akibat Covid-19 adalah sebanyak 94 orang.

Ruddy Lakku juga minta kepada masyakarat untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol kesehatan.