75 Tahun Merdeka, Namun Masih Terjajah Secara Ekonomi
beritapapua.id - 75 Tahun Merdeka, Namun Masih Terjajah Secara Ekonomi - Kabar 24

Indonesia sudah 75 tahun merdeka namun sampai saat ini, Indonesia belum dinilai merdeka secara ekonomi. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda (BPP HIPMI), Mardani H Maming.

“Indonesia sudah merdeka 75 tahun, apakah kita sudah merdeka dari semuanya? Kita bisa merdeka dari penjajahan, tapi kita belum merdeka dari perekonomian. Perjuangan-perjuangan itulah yang harus kita bisa perjuangkan,” kata Mardani, seperti yang dikutip dari detik.

Maming menambahkan bahwa kemerdekaan Indonesia bisa dicapai dengan peran dari anak-anak muda Indonesia dalam menjaga kedaulatan ekonomi Indonesia. Kemerdekaan ekonomi Indonesia bisa dicapai jika pemikiran anak muda Indonesia mulai berubah dari pola pikir bekerja untuk orang lain menjadi bekerja mandiri serta memperkerjakan orang lain.

Mardani sadar bahwa pandemi covid-19 telah menghantam berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor ekonomi. Mardani berharap para pengusaha bisa berperan aktif untuk menggerakkan perekonomian bangsa.

“Peran pengusaha khususnya HIPMI di era new normal ini sangat diharapkan mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat, serta berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa pasca pandemi COVID-19 seperti saat ini. Diharapkan, dapat menciptakan anak muda yang nasionalis dan harus bermain di negerinya sendiri untuk mendirikan suatu iklim ekonomi yang berpihak kepada anggota dengan diberi mandat,” tuturnya.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan dari Para Pemimpin Negara

Cobaan Besar RI di Tengah Pandemi

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa Indonesia yang sudah 75 tahun merdeka, tengah mengalami cobaan besar.

Cobaan yang dimaksud adalah pandemi corona, yang menurut Luhut, sangat mengusik langkah memajukan Indonesia. Namun pemerintah tetap mengupayakan pulihnya sendi kehidupan, dari sektor kesehatan hingga sektor perekonomian.

“Di usianya yang mencapai 3/4 abad, kali ini Republik Indonesia alami cobaan besar, dunia juga alami, yaitu COVID-19. Itu mengusik langkah kita, tapi sebagai bangsa besar dan semangat juang pahlawan pantang menyerah maka pemerintah terus upayakan pulihnya seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Luhut dikutip dari akun Instagram @luhut.pandjaitan.

Ditempat terpisah, Direktur Eksekutif of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal mengatakan bahwa tantangan yang harus diselesaikan Indonesia di 75 tahun kemerdekaan ini adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat. Faisal mengatakan bahwa Indonesia terancam menjadi negara berpenghasilan menengah kebawah karena kondisi ekonomi yang terdampak corona.