9 Pemain Persipura Terpapar Covid-19, Laga Persipura Lawan Madura United Batal
beritapapua.id - Ilustrasi poster pertandingan Persipura Jayapura melawan Madura United. (Foto: Istimewa)

Laga tunda pekan ke-22 kompetisi BRI Liga1 antara tim Persipura Jayapura melawan Madura United, Senin 21 Februari 2022 batal berlangsung. Hal ini lantaran Persipura Jayapura tidak hadir ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Dengan demikian wasit Asep Yandis yang memimpin pertandingan itu membatalkan laga tersebut.

“Persipura tidak datang, laga saya batalkan,” jelas sang pengadil lapangan seperti di kutip dari Live Indosiar.

Sebelumnya, manajemen Persipura juga telah mengirimkan surat permohonan laga Liga 1 2021-2022 bernomor 004/Persipura/II/2022 tertanggal 20 Februari 2022 kepada PT LIB.

Surat itu berisi penjelasan bahwa tim berjuluk Mutiara Hitam ini tidak bisa bertanding setelah menyebutkan hasil tes usap PCR. Dari tes usap PCR yang berlangsung pada, 20 Februari 2022 ada sembilan orang anggota tim Mutiara Hitam yang terkonfirmasi positif Covid-19. Jumlah itu terdiri dari tiga ofisial tim dan enam pemain.

Dalam surat itu pula, Persipura juga menyebut bahwa timnya sudah berkoodinasi dengan LIB untuk melakukan tes pembanding pada, Senin, 21 Februari 2022. Dan jika hasil tes tesebut masih ada beberapa pemain dengan status positif Covid-19, maka Persipura tidak dapat bertanding.

Melakukan Tes Ulang

Setelah itu, PT LIB dan Satgas Covid-19 Liga 1 2021-2022 melakukan tes ulang. Hasilnya, seusai dengan surat yang dikirimkan LIB dengan nomor 100/LIB-KOM/II/2022.

Isi surat yang dikirimkan operator liga itu menyebutkan bahwa hasil negatif terdiri dari 21 pemain dan tujuh ofisial, sedangkan hasil positifnya yakni enam pemain dan tiga ofisial.

Baca Juga: Liput di PN Jayapura, Jurnalis Perempuan Papua Dapati Pelecehan Secara Herbal

Oleh karena itu, dalam surat yang dikirimkan LIB ke manajemen Persipura tertanggal 21 Februari 2022, dijelaskan bahwa pemain yang negatif berjumlah lebih dari 14 nama.

Dengan kata lain, hal itu tidak memenuhi unsur Pasal 52 ayat 7 dalam Regulasi Liga 1 2021-2022. Sehingga, tidak perlu diadakan emergency meeting.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, menyebut bahwa seluruh perangkat pertandingan sebetulnya sudah siap untuk menggelar laga.

Sementara itu Direktur Utama LIB, Akhamad Hadian Lukita juga menegaskan bahwa pihaknya telah mempelajari semua kronologisnya.

“Setelah mendapatkan laporan Match Coom, kami melaporkan semuanya ke PSSI dan menyerahkan status pertandingan Persipura versus Madura United kepada Komisi Disiplin (Komdis) PSSI,” ungkapnya .

Tim Persipura Jayapura sendiri dari ketua umum Mutiara Hitam Benhur Tomi Mano belum bisa berbicara banyak.

“Hasil swab test ada beberapa pemain positif Covid yang cukup banyak,” kata BTM.