9 Pemda di Papua Meraih Penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI
beritapapua.id - Gubernur Papua Lukas Enembe saat menyerahkan penghargaan kepada Bupati Puncak Jaya Yuni. (Dok, Staff Khusus Gubernur Papua)

Sebanyak sembilan pemerintah daerah di Provinsi Papua meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dari Menteri Keuangan RI. Hal ini karena kesembilan pemerintah daerah (pemda) tersebut mampu menyusun dan menyajikan laporan keuangan secara baik.

Penyerahaan penghargaan itu terlaksana di Kota Jayapura pada Senin (18/10/2021). Kesembilan pemda itu adalah Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura, Asmat, Jayawijaya, Merauke, Mimika, Kepulauan Yapen, dan Kabupaten Nabire.

Penghargaan itu berdasarkan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua, Burhani secara langsung menyerahkan Piagam dan Plakat penghargaan tersebut kepada Gubernur Papua Lukas Enembe di Gedung Negara, Kota Jayapura, Senin. Sejumlah 17 kepala daerah kabupaten/kota di Papua turut menghadiri penyerahan penghargaan itu.

Dalam sambutannya, Burhani berharap pemberian penghargaan itu dapat memotivasi seluruh pemda di Papua untuk mengelola keuangan daerah dengan lebih baik lagi.

“Masih ada 12 Pemda yang belum pernah meraih opini WTP. Kami harap ini bisa jadi motivasi bagi mereka,” kata Burhani, Senin.

Ia juga kembali mengingatkan pemda di Papua untuk membarengi pencapaian WTP itu dengan kualitas pengelolaan anggaran yang baik.

Jika tidak, bukan tak mungkin pada tahun mendatang pemda di Papua meraih opini audit yang lebih rendah, seperti Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

“Jadi jangan hanya sekedar mencari piagam atau plakat penghargaan. Namun harus dibarengi dengan kualitas, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Hasil Kerja Keras Pemda

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dari pemerintah daerah di Papua. Untuk itu ia berharap pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas pelayanan publik serta tata kelola pemerintahan.

“Penghargaan itu tentunya menjadi pemacu serta pengingat bagi pemerintah daerah untuk terus mengedepankan kepentingan publik melalui peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan serta inovasi berkelanjutan,” kata Enembe.

Baca Juga: Sukses Dengan PON XX, Papua Akan Menggelar Peparnas XVI

Sekretaris Daerah Kabupaten Yalimo, Isak Yando usai menerima penghargaan itu menyatakan Pemerintah Kabupaten Yalimo telah memperoleh opini WTP dari BPK sebanyak tiga kali berturut-turut.

Ia optimistis Pemerintah Kabupaten Yalimo akan mengikuti jejak pemda lain yang telah lima kali berturut-turut mendapat opini WTP.

“Opini WTP ini kita peroleh dengan perjuangan yang berdarah-darah. Walaupun situasi di Yalimo tidak begitu mendukung, namun pemerintah tetap menegakan aturan dan administrasi, kami pertahankan opini WTP. Pemerintah komitmen jangan sampai turun ke WDP lagi,” tutupnya.