Bingung Milih Universitas? Simak 9 Universitas Terbaik di Indonesia
beritapapua.id - Ilustrasi wisuda. (Foto: Istimewa)

Memilih universitas atau perguruan terbaik di Indonesia tidaklah semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kalian yang ingin menempuh jenjang pendidikan satu ini dengan serius.

Beberapa pertimbangan seperti tujuan masa pendidikan dan biaya biasanya yang paling menjadi pertimbangan. Jangan memilih universitas karena bergengsi, namun tidak sesuai dengan tujuan kalian ke depannya.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk memilih universitas adalah mencari informasi lengkap tentang universitas tersebut dan jurusan yang akan kamu pilih. Jika universitas tersebut memiliki jurusan yang kamu inginkan dengan akreditasi tinggi dan reputasi yang baik. Selain itu, kerja sama antara universitas dengan institut, universitas asing, perusahaan dan lainnya bisa jadi pertimbangan kalian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelahnya ataupun untuk mempermudah mencari pekerjaan kalian setelah lulus nanti.

Lokasi universitas dan fasilitasnya juga harus kalian perhatikan, guna kenyamanan kalian ketika sedang menempuh pendidikan. Selain itu ada juga biaya kuliah yang tidak kalah pentingnya. Di samping itu banyak universitas dengan biaya yang lebih terjangkau, reputasi yang baik serta akreditasi yang tinggi. Untuk mendapatkan itu semua, kalian bisa memilih universitas negeri yang ada di Indonesia.

Rekomendasi Universitas Terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus utama Universitas Indonesia (UI) berlokasi di kota Depok, Jawa Barat, dan kampus lainnya di Salemba, Jakarta Pusat. Universitas ini terbentuk sejak jaman pemerintah colonial Belanda yang mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor). Saat ini, UI memiliki 14 fakultas, dengan lebih dari 291 program studi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949, berlokasi di kota Jogja. Kemudian universitas ini mempunyai 18 fakultas, satu sekolah vokasi, dan satu sekolah pascasarjana dengan jumlah program studi mencapai 265.

3. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas negeri terbaik Indonesia yang terletak di kota Malang. Di samping itu universitas ini memiliki 19 fakultas.

4. Universitas IPB

IPB atau Institut Pertanian Bogor juga tidak kalah terkenal. Tebukti banyak lulusan IPB menjadi orang yang berhasil, sehingga bisa menjadi salah satu perguruan tinggi negeri pilihan kalian.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas negeri selanjutnya adalah Unair atau Universitas Airlangga yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini terdiri dari 16 fakultas.

Baca Juga: Perlunya Pengadaan Taman Baca untuk Menunjang Pendidikan Indonesia

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berada di Kentingan, Jebres, Kota Surakarta. Universitas ini terdiri dari 11 Fakultas dan sekolah vokasi.

7. Institiut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya. Universitas ini memiliki 6 fakultas dan 1 fakultas vokasi.

8. Telkom University

Universitas Telkom merupakan perguruan tinggi Universitas Swasta Terbaik yang terletak di kota Bandung. Ada lima jurusan yang terbilang favorit di Universitas Telkom, yaitu Teknik Industri, Teknik Telekomunikasi, Informatika, Manajemen dan Administrasi Bisnis, serta Teknik Industri.

9. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. Di universitas ini terdapat 12 fakultas yang bisa kalian pilih.