Gunung Emas di Pegunungan Bintang Papua
Pegunungan Bintang Papua

Gunung Emas di Pegunungan Bintang Papua – Kekayaan alam Papua memang selalu memukau dunia. Mulai dari keindahannya alamnya hingga buminya yang kaya sumber daya alam. Dari sagu hingga emas, semuanya ada. Bahkan, burung paling langka pun ada padanya.

Namun, baru-baru ini dunia kembali terkejut atas temuan gunung emas pada pegunungan Bintang Papua. Emas Papua belumlah habis. Mengutip dari Detik.travel, masih ada gunung emas lainnya yang tersembunyi rapi.

Jika kita mengetahui tambang emas Papua berada pada Pegunungan Jayawijaya, kita belum mengetahui semuanya. Menurut Ketua Program Studi Teknik Geologi Universitas Cendrawasih, Marcelino Yonas St, M.Eng, Pegunungan Bintang memiliki kekayaan mineral.

Ini sekaligus memunculkan sebuah pertanyaan. Mengapa Papua memiliki kekayaan mineral yang luar biasa? Hal ini mengacu pada kandungan tambang Grasberg yang kini sudah habis. Ternyata, masih ada lagi gunung emas. mengapa?

Alasan Papua Memiliki Kekayaan Mineral yang Luar Biasa

Baca juga: Hukum Syar’i Hipospadia: Perempuan Jadi Laki-Laki

Marcelino Yonas menyebut dahulu Papua berada dalam laut. Pegunungan Tengah, seperti Pegunungan Bintang, berada pada jalur patahan 2 lempeng. Yakni, lempeng Australia dan lempeng Oceanic Pacific.

Kedua lempeng tersebut yang menyebabkan kekayaan mineral pada Pegunungan Tengah Papua. Termasuk salah satunya emas.

“Begini, kawasan Pegunungan Tengah itu merupakan jalur patahan (pergeseran lempeng kontinen Australia dan lempeng Oceanic Pacific di zaman dulu-red),” jelas Marcelino.

“Variasi batuan dari aktivitas tektonik 2 lempeng tersebut mengakibatkan banyak dijumpai singkapan batuan yang bersifat ekonomis (potensi emas). Terlebih, aktivitas zona patahan yang banyak terjadi di sekitar Pegunungan Jayawijaya menjadi salah satu trigger dari kehadiran emas dan tembaga,” imbuhnyaMarcel.

Baca juga: Noken Motif Bintang Kejora, Timsus Rajawali Lakukan Operasi

Marcelino dan tim pernah melakukan penelitian tentang kandungan mineral Pegunungan Bintang. Berdasarkan hasil penelitiannya, pegunungan itu memang memiliki mineral yang kaya. Termasuk emas.

‘Perut’ Pegunungan Tengah itu kaya sekali mineralisasi. Kami pernah cek sampling, memang ada potensi emas di sana,” terang Marcel.

Pegunungan Bintang Papua

Pegunungan Bintang termasuk ke dalam Pegunungan Tengah dan termasuk dalam rangkaian Pegunungan Jayawijaya. Jika melirik peta, maka pegunungan ini terletak tepat pada perut burung. Atau, tepat berada pada tengah Papua.

Pegunungan Bintang berbatasan dengan Kabupaten Jayapura pada bagian utara dan Boven Digoel di bagian selatan. Gunung ini tersusun rapi hingga Papua Nugini. Alamnya masih asri dan memiliki kontur berkelok dan berbatu.

Tak sembarangan orang bisa melewati pegunungan tersebut. Namun demikian, masih ada masyarakat yang tinggal dan hidup pada Pegunungan Bintang. Mereka yang menjaga tanah tersebut dari tangan jahil manusia.