Agustinus Rumere, Anak Asal Papua dalam Uang Rp 75.000
Beritapapua.id - Agustinus Rumere, Anak Asal Papua dalam Uang Rp 75.000 - Kompas

Agustinus Rumere, Anak Asal Papua dalam Uang Rp 75.000 – Uang Rp 75.000 spesial HUT RI ke-75 menampilkan gambar anak-anak mengenakan pakaian adat. Dalam gambar tersebut memperkenalkan pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia. Salah satunya adalah sosok bocah yang menggunakan pakaian khas Papua bernama Agustinus Rumere.

Setelah delapan hari resmi diluncurkan akhirnya Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Papua mengungkap identitas anak tersebut. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Naek Tigor Sinaga mengungkapkan bahwa sosok bocah Agus Rumere merupakan salah satu dari sembilan anak Indonesia pada Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia. Desain baru dalam uang baru Rp75 ribu adalah pakaian adat yang belum pernah ada dalam edisi uang kertas sebelumnya.

BI berharap dengan memperkenalkan busana tradisional, bisa memperteguh kebhinekaan melalui pakaian adat. Yang mana mewakili anak-anak dari wilayah barat, tengah dan timur Indonesia.

Dikutip dari Liputan6.com, Naek mengatakan bahwa Anak tersebut bernama lengkap Agustinus Rumere, bocah laki-laki dari dua bersaudara yang lahir di Jayapura pada 8 September 2010. Agus merupakan anak dari pasangan Fitriyani Seseray dan Niko Rumere. Yang mana Ibunda Agus adalah salah satu pegawai pada Bank Indonesia. Agus bersekolah di SD Inpres 3 Polimak dan duduk di kelas empat.

Baca Juga: Harga Meterai Akan Naik Menjadi Rp 10.000

Cerita Terpilihnya Agus Menjadi Gambar Uang Rp. 75.000

Menurut Naek, pemilihan Agustinus sebagai model gambar uang Rp. 75.000 sangat dirahasiakan Bank Indonesia (BI) Pusat. Saat pengambilan foto, perwakilan BI Pusat tak memberi tahu hal itu untuk keperluan desain uang Rp 75.000 edisi khusus. Bahkan, Naek pun tidak tahu mengenai hal tersebut. Sebab tidak ada seleksi dalam pemilihannya.

Sementara itu Fitri Seserai, ibu dari Agustinus Rumere, yang menceritakan bahwa saat itu proses pemotretan anaknya sangat mendadak. Sebab pada saat pemotretan Agustinus sedang sakit malaria. Pakaian adatnya pun hanya menggunakan yang seadanya karena keterbatasan waktu persiapan. Fitri mendapatkan pinjaman pakaian adat dari Serui, Kabupaten Yapen. Karena Fitri tak tahu tentang rencana pemotretan itu, dan terkait tujuan pemotretan terhadap anaknya. Hingga akhirnya pada 17 Agustus 2020, ia mendapatkan kabar foto anaknya tercetak dalam uang Rp 75.000.

Sementara itu, sang anak Agustinus Rumere dengan lugu mengaku senang wajahnya bisa berada dalam uang pecahan khusus edisi kemerdekaan RI. Ia mengaku belum banyak yang  tahu bahwa wajahnya berada dalam cetakan uang kerta Rp. 75.000. Namun ia tetap mengaku senang bahwa semakin banyak orang yang tahu wajahnya tercetak dalam uang edisi khusus itu.