Air Terjun Botai, Spot Wisata Teluk Bintuni Yang Masih Asri
beritapapua.id - Air Terjun Botai, Spot Wisata Teluk Bintuni Yang Masih Asri - arfaknews

Teluk Bintuni adalah nama sebuah kabupaten di Papua Barat dengan luas 20.840  dan dengan jumlah penduduk sebanyak 76.932 jiwa. Kabupaten yang ibukotanya di Kota Bintuni ini memang bukan kota wisata. Karena potensi daerahnya ada pada sektor pertambangan, pertanian, dan perikanan.

Teluk memang memiliki sumber daya alam yang luar biasa terutama di bidang pertambangan minyak dan gas. Selain dengan potensi pertambangannya yang luar biasa, Teluk Bintuni juga memiliki pesona keindahan alamnya tersendiri. Selain itu wisata-wisata alamnya juga terkenal menakjubkan.

Salah satu tempat wisata yang masih alami adalah air terjun Botai. Terletak di Kampung Botai, Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni dengan ketinggian air terjun kurang lebih 20 meter. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini dibandrol seharga Rp 20.000. Dibeberapa tempat wisata alam umumnya harga tiket masuk di hari biasa dan hari libur dibedakan namun harga tiket air terjun Botai pada hari biasa dan libur tidak dibedakan.

Lokasi air terjun Botai berjarak 45 km dari kota Bintuni. Untuk mencapai objek wisata air terjun Botai di butuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam menggunakan kendaraan. Selanjutnya para wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih dua jam untuk mencapai lokasi air terjun.

Walaupun jarak tempuk perjalanan menuju air terjun Botai terbilang jauh, namun akan terobati dengan panorama alam disekitarnya yang masih dan belum terjamah serta jernihnya air terjun membuat rasa lelah sirna seketika.

Baca Juga: Tempat Wisata Sepi dan “Kota Mati” Karena Corona

Air Terjun Botai Terkenal Karena Keasriannya

Keindahan air terjun ini karena keasrian alamnya yang belum terjamah sama sekali oleh manusia, rimbunnya hutan serta jernihnya air membuat lokasi tersebut merupakan daya tarik para wisatawan untuk berkunjung menikmati lokasi air terjun tersebut.

Tidak jauh dari lokasi air terjun Botai terdapat bebatuan berbentuk persegi empat, ditambah dengan rimbunnya pepohonan membuat keindahan lokasi wisata ini cukup populer jika dikembangkan menjadi asset wisata karena potensi keindahan alamnya yang memang indah untuk dilestarikan.

Air terjun Botai yang berlokasi di Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni ini sangat berpotensi bagi para pelancong atau para wisatawan khususnya para kaum pecinta alam untuk menikmati keasrian air terjun Botai.