Akibat Korsleting Listrik, Tiga Rumah Habis Terbakar di Jayapura Utara
beritapapua.id - Polresta Jayapura saat mendatangi lokasi kejadian kebakaran. Dok. Polri)

Tiga unit rumah habis terbakar di depan Koramil Jayapura Utara yang bertempat di Jl.Diponegoro No. 57 Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Selasa (02/11/2021) pukul 14.45 Wit.

Dugaan sementara kebakaran ini terjadi akibat adanya arus pendek listrik atau korsleting pada listrik.

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melalui Kasat Reskrim AKP Handry M. Bawiling, S.Sos., M.M. mengatakan ada 3 unit rumah yang terbakar dan dua unit rumah tersebut meliki kamar kost dengan jumlah 19 kamar.

“Ada 3 unit rumah yang terbakar yakni milik Muchtar (56), Tumiran (59) dan H. Acang, dari ketiga rumah tersebut dua unit rumah masing-masing memiliki kamar kost dengan jumlah 19 kamar,’’ ujarnya.

Krolonogi Kebakaran

Menurut salah seorang saksi yang bernama Yoga, api mulai terlihat di lantai 3 salah satu rumah kost. Dan pada saat yang juga sudah tercium bau kabel terbakar, dan saksi terbangun karena terasa panas.

“Saksi selanjutnya menuju kamar mandi untuk mandi, namun pada saat akan mandi ia mencium aroma kabel terbakar kemudian melihat di kamar kost sebelahnya yaitu di lantai 3 terdapat kobaran api yang sudah merambat dari jendela kamar kost tersebut,” ungkap Kasat.

Baca Juga: Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba di Jayawijaya Resmi Dibuka

Kemudian saksi langsung bergegas menyelamatkan barang-barang dan melaporkan ke Polresta Jayapura Kota melalui radio HT.

“Tak lama kemudian mobil pemadam kebakaran pemerintah kota jayapura dan AWC milik Polresta Jayapura Kota dan Polda Papua tiba di TKP untuk memadamkan api,” imbunya.

Ia juga menjelaskan bahwa kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materil bisa mencapai ratusan juta rupiah.

“Dari kejadian kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah dan kini telah ditangani oleh unit identifikasi Sat Reskrim Polresta Jayapura Kota guna mengetahui penyebab utama kebakaran,’’ jelasnya.

Ia juga menambahkan kebakaran yang terjadi untuk sementara karena korsleting arus pendek listrik di salah satu kamar kos di lantai 3. Dan dari korsleting tersebut menimbulkan percikan api kemudian merambat dengan cepat keseluruh kamar kos serta kamar dan rumah lainnya.