Anak-Anak pun Rentan Terhadap Efek Jangka Panjang Covid-19
Anak-Anak pun Rentan Terhadap Efek Jangka Panjang Covid-19

Anak-Anak pun Rentan Terhadap Efek Jangka Panjang Covid – Sejak pandemi Covid-19 menghantam dunia pada tahun 2020, berbagai gejala dan efek muncul secara spesifik. Gejala ini manyertai mereka yang terpapar virus covid. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, mereka yang sangat rentan terhadap efek dari virus corona ini adalah mereka yang berada pada rentang lanjut usia dengan penyakit bawaan atau penyerta yang disebut komorbid.

Namun, bermutasinya virus yang hingga kini masih menjadi pananggulangan global ini, ternyata mereka yang berada pada usia anak-anak dan remaja pun tak kebal terhadap efek jangka panjang dari Covid-19.

Seperti yang dilansir dari https://www.longcovidkids.org/ sebuah support group – grup pendukung yang dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan global terhadap efek covid ke anak-anak, covid-19 bisa menjangkiti anak-anak dengan efek yang cukup mengkhawatirkan, layaknya mereka yang terpapar dengan penyakit penyerta.

Sebuah video yang dibuat oleh Lottie Brown, menceritakan mengenai bagaimana anak-anak yang harus hidup paska terpapar covid, dan efek yang merubah hidup mereka secara total. Anak-anak yang terpapar covid, bahkan harus menderita dengan penyakit yang sangat serius dan membutuhkan penanganan total dari rumah sakit.

Gejala yang timbul ketika anak terjangkiti virus ini, sangat berbeda dengan gejala yang timbul pada orang dewasa yang terpapar. Hal ini menyebabkan banyak orang tua yang tidak menyadari jika anaknya telah terpapar. Hingga ketika mereka membutuhkan penanganan medis yang serius.

Efek Jangka Panjang Covid: Kadang Membaik, Kadang Memburuk

Baca juga: Ketahui 3 Macam Murtad Agar Tidak Tergelincir

Gejala seperti kepala pusing, demam, kram pada siku-siku, mulut kering dan pecah-pecah atau sariawan, leher yang sakit, ruam serta diare. Itu merupakan gejala yang umum terjadi pada anak-anak. Sehingga orang tua lalai untuk mendiagnosa ini sebagai gejala covid.

Mereka yang terpapar oleh covid-19, bahkan ada yang harus menderita selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dengan gejala yang timbul tenggelam. Mungkin ada anak yang akan merasa baik-baik saja pada suatu hari, namun kemudian akan merasa kepayahan pada hari berikutnya.

Gejala seperti kesakitan, sakit perut, lemas, ruam, kelelahan dan sakit tenggorokan merupakan gejala yang harus diderita oleh anak-anak yang terpapar dengan efek jangka panjang dari covid-19.

Kita mungkin akan merasa bosan, lelah dan jenuh dengan rutinitas dan kehidupan. Yang seolah terkungkung di dalam rumah karena kondisi ini. Namun, kewaspadaan terhadap Covid-19 tidaklah boleh dikendurkan. Virus ini masih menghantui dunia dan hingga kini masih belum ditemukan obatnya.

Tetap berikhtiar dengan #DiRumahSaja dan mematuhi protokol yang ada. Penanganan ini masih sangat panjang, meskipun vaksin sudah mulai dilakukan. Namun dengan mutasi virus yang kian bervariasi, tidak ada salahnya kita tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Semua itu bisa kita mulai dari diri sendiri.