Anggaran Karantina Terpusat Harus Disiapkan Pemerintah
beritapapua.id - Anggaran Karantina Terpusat Harus Disiapkan Pemerintah - Lampung Post

Anggaran Karantina Terpusat Harus Disiapkan Pemerintah – Ketua Harian Barisan Merah Putih (BMP) Papua Barat, Leonardus Tuturop mengatakan terkait Karantina Terpusat, apabila ada orang yang diketahui ODP atau sudah diindikasi, maka sudah harus dikarantina.

“Yang diketahui dia adalah OTG. ODP harus sudah dikarantina, jika tidak dikarantina maka dia akan menyalurkan virus tersebut kepada banyak orang, terutama untuk masyarakat yang tidak tahu menahu, sehingga akan semakin banyak OTG, dan ODP,” kata Ketua Harian Barisan Merah Putih Papua Barat saat ditemui di kantor Gubernur Provinsi Papua Barat.

Dengan semakin banyak penularan melalui OTG dan ODP yang tidak dikarantina maka penyakit ini tidak bisa terselesaikan secepatnya. Akibatnya, waktu kerja di rumah dan aktivitas sekolah akan terus diperpanjang, dan aktivitas pemerintah akan terus tertunda.

Baca Juga: Pilkada Serentak Akan Kembali Dimundurkan Karena Covid?

Anggaran untuk Karantina Harus Siap

Menurut Leonardus, pemerintah harus menindaklanjuti hal ini dan harus siapkan dana-dana pos tertentu untuk menyiapkan Karantina Terpusat. Dengan begitu, petugas-petugas yang ada dapat betul-betul fokus dalam melayani.

“Kalau tidak ada biaya yang disiapkan oleh pemerintah maka siapa yang mau, dan berani bekerja? karena orang bekerja harus ada biaya. Sehingga mereka pro aktif untuk bekerja, kalau pemerintah tidak siapkan itu bagaimana TNI/Polri dengan pihak Kesehatan mau kerja kalau dananya tidak mencukupi, karena orang kerja harus butuh makan,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui gugus Tugas Covid-19 Papua barat menanggapi bahwa kebutuhan untuk memiliki fasilitas Karantina terpusat sudah ada di beberapa kabupaten seperti kabupaten Fakfak, Kota Sorong, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Wondama.

dr.Arnold mengatakan untuk Karantina terpusat nantinya akan dibagi menjadi dua tempat. Satu tempat dikhususkan bagi mereka yang belum menjalani pemeriksaan, yang satu lagi dikhususkan bagi mereka yang belum menjalani pemeriksaan.

Tempat untuk karantina harus dipersiapkan agar satu kamar tidak lebih dari dua orang agar tidak saling berisiko menulari satu dengan yang lain. Sehingga perlu dilakukan koordinasi dengan empat kabupaten tersebut untuk sealu memperhatikan protokol Kesehatan.