Anggota DPR Papua Dukung Yance Mote Untuk Jadi Kadin Papua
Yance Mote, S.H. (foto : istimewa)

Pengusaha Asli Papua Yance Mote SH, siap bertarung menjadi Ketua Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Provinsi Papua. Yance Mote juga mendapat dukungan dari sejumlah anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan yang menyatakan dukungannya terhadap Mote.

Hal lantaran banyak yang menilai program kerja yang Mote tawarkan akan mengangkat dan memberdayakan orang Papua berkiprah di sektor ekonomi.

Wilayah Adat Saireri, Yonas A Nussy menyatakan dukungan itu seusai menerima penjelasan sembilan visi dan misi Yance Mote, Senin (10/5/2021).

“Saya sebagai anggota DPR Papua dukung Yance Mote,” ujar Yonas.

Selain itu, Anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan Wilayah Adat Meepago, Romanus Omaleng juga mengatakan paparan visi misi kandidat ketua Kadin Papua sangat berpihak ke orang Papua.

“Kami harapkan Kadin Papua melihat sumber daya manusia di wilayah adat Papua. Kami juga akan dorong hak Inisiatif dewan untuk jadi perdasus bila perlu,” ujarnya.

Anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan Wilayah Adat Mamta, Piter Kwano mengatakan partisipasi orang Papua dalam sektor ekonomi masih lemah dibandingkan sektor politik.

“Kami jago di politik, tapi mengemis ke pengusaha. Saya kira itu sudah jelas. Kebetulan Kantor Kadin Papua ada di daerah Tabi, dan tanah Tabi adalah tanah yang diberkati dan kami dukung Yance Mote,” ujarnya.

Memberi Ruang Untuk Orang Papua Asli Memimpin Kabin Papua

Anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan Wilayah Adat Anim Ha, Frits Tobo Wakasu berharap pemerintah akan memberi ruang agar orang asli Papua dapat memimpin Kadin Papua.

“Pemerintah perlu rekam jejak dan intelektual anak dari tujuh wilayah adat di Tanah Papua. Pemerintah yang harus merekrut semua potensi anak Papua dan diberdayakan. Anak Papua pasti mampu, jadi saya sebagai perwakilan adat Anim Ha mendukung,” katanya.

Baca Juga : Anggaran Pemprov Papua Barat Masih Banyak Tersimpan di Bank Umum

Yance Mote menyatakan ia berkomitmen melanjutkan agenda kerja pengurus lama Kadin Papua, dan bekerja sama dengan semua lembaga anak adat. Menurunya, dukungan dari sejumlah anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan itu karena kesamaan visi dan misinya dengan para anggota DPR Papua tersebut.

“Mereka nyatakan dukungan kapada saya, karena tertarik dan memiliki kesamaan visi dalam memberdayakan ekonomi orang Papua. Kami harap dukungan doa orang Papua untuk rebut posisi Kadin Papua. Kadin Papua adalah Gubernur orang ekonomi di Papua,” ujarnya.