Anggrek Hitam Papua Berharga Ratusan Juta
Beritapapua.id - Anggrek Hitam Papua Berharga Ratusan Juta - grid.id

Anggrek Hitam Papua Berharga Ratusan Juta – Anggrek hitam Papua termasuk salah satu tanaman yang langka sebab hanya dapat ditemukan di Tanah Papua. Tanaman hias ini memiliki ciri khas putik bunga berwarna cerah. Dengan kelopak bunga bagian luar dan dalamnya berwarna hitam kelam merata. Hampir seluruh kelopaknya bagian dalam dan luarnya berwarna hitam. Namun pada bagian tengah bunga ini memiliki warna yang berbeda, seperti ungu sampai merah terang.

Tanaman endemik Papua ini menampilakan estetika yang mempesona dari sebuah bunga. Anggrek Hitam menjadi komoditi dagang yang mumpuni. Selain dari harganya yang cederung begitu mahal, sulitnya mencari bunga ini menjadi salah satu penyebabnya berharga mahal.

Anggrek hitam Papua atau yang terkenal dengan julukan flame of IrianĀ  tumbuh pada dataran rendah yang bersuhu sekitar 30-35 derajat Celsius dan memiliki masa mekar 3-5 kali dalam satu bulan. Bunga eksotik ini bisa tumbuh hingga mencapai 40-60 cm dan tumbuh merambat pada pepohonan yang bisa mencapai 5 meter tingginya. Tidak hanya meninggalkan kesan keindahan, anggrek hitam Papua juga menawarkan aroma yang unik dan mempesona.

Baca Juga: Fenomena Deretan Artis Maju Pada Pilkada 2020

Termasuk Jenis Tanaman Langka

Anggrek hitam Papua memang sangat susah untuk pembudidayaannya. Sebab untuk bisa menghasilkan bibit, anggrek harus ditempatkan dalam di lingkungan seperti habitat aslinya. Kemungkinan untuk berhasil pengembangbiakannya hanya sekitar 20 hingga 30 persen. Tidak heran jika anggrek ini sangatlah langka. Oleh sebab itu, untuk mencegah kepunahannya anggrek ditetapkan sebagai tanaman yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Untuk bisa mencari bunga ini, harus menempuh penjelajahan panjang ke dalam hutan Papua yang menjadi habitatnya. Namun itupun tidak selalu berhasil, karena jumlah anggrek hitam sendiri sangat terbatas.

Anggrek hitam memang berbeda dengan tanaman hias lain. Karena itulah para kolektor tanaman hias banyak mencari anggrek jenis ini. Dengan harga satu tanaman anggrek ini bisa mencapai 100 juta rupiah. Untuk bibit anggrek pun harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Selain Anggrek hitam Papua, Indonesia juga mempunyai anggrek berwarna hitam lain yang berasal dari Provinsi Kalimantan. Namun sayangnya untuk saat ini, tanaman ini juga sudah mulai langka akibat dari pembalakan hutan.