Angka Kematian Karena Corona di Indonesia
Beritapapua.id - Angka Kematian Karena Corona di Indonesia - Kompas

Angka Kematian Karena Corona di Indonesia – Presiden Indonesia Jokowi menyebutkan angka kematian akibat virus covid-19 masih menjadi pekerjaan rumah yang masih harus ditekan. Ia juga mengakui bahwa tingkat kematian di Indonesia karena virus tersebut masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata dunia.

“Yang masih kita di atas rata-rata dunia adalah angka kematian atau kasus meninggal di angka 3,3 persen,” kata Jokowi kala membuka Sidang Kabinet Paripurna yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Senin (2/11).

Angka kematian karena covid-19 di dunia saat ini mencapai 2,5 persen. Angka tersebut terpaut sekitar 0,8 persen lebih rendah dari tingkat kematian di Indonesia karena covid-19.

“Ini yang patut jadi perhatian kita semua dan berkaitan dengan Covid. Hati-hati, jadi perhatian kita semua,” ujarnya.

Meski begitu, Jokowi menilai perkembangan kasus aktif covid-19 di Indonesia mulai membaik. Ia mengatakan bahwa kasus aktif positif covid-19 di Indonesia masih lebih baik dibanding rata-rata dunia.

“Kasus aktif covid di Indonesia lebih baik. Lebih rendah dari perkembangan rata rata dunia. Kita memiliki kasus aktif sebesar 13,78 persen,” jelasnya.

“Rata rata dunia kasus aktifnya 25, 22 persen. Ini yang terus harus ditekan sehingga angka 13,78 persen ini bisa kita perkecil lagi,” sambung Jokowi.

Tidak lupa Jokowi juga menyinggung tingkat kesembuhan covid-19 yang cukup tinggi yakni sebesar 82,84 persen, sementara tingkat kesembuhan dunia berkisar 72 persen.

“Rata-rata dunia 72 persen di angka kesembuhan kita juga lebih baik tapi ini harus diperbaiki lagi,” tegasnya.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Teluk Bintuni Terus Berkurang

Lima Kota Dengan Tingkat Kematian Tertinggi Covid-19

Hingga Minggu (1/11), Indonesia mencatat tingkat kematian akibat covid-19 sebanyak 13.943 orang. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menilai jumlah tersebut sangat tinggi.

“Sedangkan jumlah kasus meninggal kumulatif di Indonesia adalah 13.943 atau 3,4 persen di mana kasus meninggal di dunia adalah 2,63 persen,” kata Wiku.

Melansir dari data Satgas Penanganan Covid-19, berikut adalah lima provinsi dengan tingkat kematian karena covid-19 di Indonesia,

1.Jawa Timur dengan jumlah kematian 3.776 orang

2.DKI Jakarta dengan jumlah kematian 2.270 orang

3.Jawa Tengah dengan jumla kematian 1.756 orang

4.Jawa Barat dengan jumlah kematian 721 orang

5.Sumatera Utara dengan jumlah kematian 536 orang.