Anies Baswedan, 115 Orang dalam Pemantauan Terkait Virus Corona
beritapapua.id - Anies Baswedan, 115 Orang dalam Pemantauan Terkait Virus Corona - Arief/detikcom

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam kurun waktu satu bulan terdapat 115 orang dalam pemantauan terkait virus Corona. Selain 115 orang dalam pemantauan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga sedang mengawasi 32 orang terkait virus mematikan yang berasal dari Wuhan, China. Anies juga akan membentuk posko pemantauan, pencegahan dan penanggulangan virus covid-19 ini.

“Sekarang saya bicara Corona. Ada beberapa hal, sampai saat ini, selama satu bulan lebih di DKI ada 115 orang yang dalam pemantauan dan ada 32 orang pasien dalam pengawasan. Ini semua mengikuti kriteria yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan,” ujar Anies di sela acara HUT Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta ke-101, Jakarta Pusat, Minggu dilansir dari detik.com

Anies pun menyebutkan dirinya telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 16 Tahun 2020 guna melakukan upaya penanganan virus Corona.

Baca Juga: Virus Corona Telah Menyebar ke 48 Negara

Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020

Berdasarkan instruksi gubernur tersebut, menurutnya merupakan bentuk kewaspadaan dalam menangkal penyebaran virus Corona. Namun begitu, Anies menegaskan bahwa Ingub tersebut bukan satu-satunya cara dalam meningkatkan kewaspadaan terkait virus Corona.

“Instruksi Gubernur bagian dari kewaspadaan dan persiapan kita jika terjadi kasus Corona virus di Jakarta. COVID-19 ini sesuatu yang harus kita antisipasi secara serius. Tapi, Ingub ini bukan satu-satunya,” kata Anies.

Selain itu, Anies juga menyebutkan saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah membentuk tim tanggap Covid-19. Tim tersebut akan dipimpin oleh Asisten Kesra Pemprov DKI Jakarta.

“Saat ini kita sedang dalam proses pembentukan tim tanggap COVID-19. Tim ini diketuai oleh Asisten Kesra, nantinya akan menjadi pusat kendali untuk pemantauan, pencegahan, dan pengendalian,” ujar Anies.

Kemudian Pemprov DKI Jakarta juga memiliki layanan darurat pada nomor 112 yang dapat dihubungi bila ada masyarakat yang memerlukan bantuan. Seluruh sarana kesehatan di Pemprov DKI dipastikan Anies akan siap merespons cepat.

Anies juga menghimbau agar masyarakat bisa menerapkan pola hidup yang baik dan menjaga kesehatan diri agar terhindar dari virus Corona.

“Namun, biasakan juga cuci tangan sebagai pencegahan paling baik dan bila sedang batuk atau flu maka pakai masker,” tutur Anies.