Anjing Purba yang Hidup pada Pegunungan Papua
Beritapapua.id - Anjing Purba yang Hidup pada Pegunungan Papua - Republika

Anjing Purba yang Hidup pada Pegunungan Papua – “Warna coklat emas, telinga segitiga, ekor tebal, moncong pendek mirip rubah dan tidak bisa menggonggong.” Tulis Anang Dianto, orang yang mengunggah foto anjing langka Papua, lewat sosial medianya. Foto tersebut diambil dari daerah pegunungan Grasberg, Papua.

Isu temuan spesies anjing baru ini mulai hangat ketika seseorang mengunggah foto anjing purba itu pada media sosial Twitter. Dalam akun Twitter-nya menyebut anjing itu menghampiri pekerja tambang Grasberg.

National Geographic sempat menyatakan bahwa spesies anjing ini sudah punah. Namun pada tahun 2016, salah satu yayasan terbesar dunia yang tertarik dengan isu lingkungan ini menemukan jejak hewan ini. Adalah New Guinea Highland Wild Dog atau anjing liar spesies baru pada Pegunungan Papua.

Temuan ini jelas mengundang berbagai spekulasi. Lantas, apa kata para akademisi?

Baca Juga: Rambut Rontok Bisa Jadi Gejala Covid-19

Profil Anjing Eksotik Asal Papua

Anjing Purba yang Hidup pada Pegunungan Papua
Beritapapua.id – Anjing Purba yang Hidup pada Pegunungan Papua – Twitter

Sebagian besar warganet ingin tahu apa sebenarnya yang mereka lihat itu. Beberapa pihak menyebut bahwa hewan ini adalah hewan langka yang sudah punah. Namun, sebagian lainnya menyebut hewan ini adalah spesies baru.

Sementara itu, Yayasan Anjing Liar Dataran Tinggi Nugini (NGHWDF) menyebut temuan ini merupakan angin segar dalam penelitian mereka. Pasalnya, lebih dari setengah abad hewan tersebut tidak pernah terlihat.

“Penemuan dan konfirmasi anjing liar dataran tinggi untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah abad tidak hanya menggembirakan, tetapi juga merupakan peluang yang luar biasa bagi dunia sains,” dilansir Business Insider.

Dari sejumlah sumber menyatakan bahwa hewan ini kemungkinan spesies anjing yang pernah mengalami kepunahan. Peneliti menyebut boleh jadi anjing ini memiliki kesamaan DNA dengan anjing dingo yang ada di Australia. Yang masuk dalam spesies New Guinea Singing Dog yang memiliki vokal unik.

Sebagian peneliti bahkan memperdebatkan apakah hewan ini termasuk anjing atau serigala. Selain itu Anjjing ini juga pandai dengan kecerdasan lebih tinggi daripada anjing peliharaan. Vokalnya yang unik, atau tepatnya tidak menggonggong menambah bingung para ilmuwan.

Mengutip dari halaman Science Alert, spesies ini merupakan spesies anjing paling primitif dan purba. Mereka optimis bahwa alam Papua yang terpencil dan ekosistem yang asri mendukung keberlangsungan anjing purba ini.

Dalam ekspedisi hewan ini memiliki kemungkinan hidup yang tinggi. Tim ekspedisi berhasil mengabadikan setidaknya 100 foto. Dari data tersebut, mereka menemukan 15 ekor anjing liar yang hidup pada wilayah pegunungan Grasberg.

Hingga saat ini, status taksonomi dari anjing purba ini masih menjadi perdebatan.