Antusiasme Masyarakat Jayapura Sambut Ramadhan
Ilustrasi masuknya Bulan Ramadhan (foto: Pixabay)

Masyarakat sudah dapat melakukan pelaksanaan shalat Tarawih lantaran 1 Ramadhan 1442 sudah jatuh pada 13 April 2021 kemarin. Terlihat masyarakat begitu antusias menyambut datangnya bulan Ramadhan kali ini, karena Ramadhan kali ini masyarakat tidak melaksanakan ibadah hanya di rumah saja.

Pelaksanaan shalat tarawih di Kota Jayapura juga akan terlaksana mengingat Pemerintah Kota Jayapura telah memberikan izin untuk melaksanakan shalat, dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

Di Masjid Al Fatah Abepantai, masyarakat cukup antusias mengikuti ibadah shalat tarawih.

Sekretaris Panitia Amal Ramadhan Masjid Al Fatah Abepantai Nugroho Panca Nur Irianto menilai, antusias warga sangat wajar, karena Bulan Ramadhan sebelumnya tak bisa melaksanakan ibadah tersebut.

Belum Ada Keputusan Tetap Kapan 1 Ramadhan

Ia mengatakan, sebenarnya warga muslim di Abepantai di malam pertama kemarin tak terlalu banyak. Hal itu karena pelaksanaan shalat tarawih kemarin belum ada keputusan tetap kapan 1 ramadhan. Warga masih ada yang menunggu keputusan pemerintah.

Untuk mengantisipasi membludaknya warga, panitia menyampaikan menyambung shaf sholat hingga ke teras masjid.

“Ya, supaya tidak berkerumun di dalam masjid, walau begitu kami taati keputusan pemerintah untuk membatasi jumlah warga dari kapasitas masjid,” ungkapnya lagi.

Antusias warga mengikuti ibadah shalat tarawih juga terlihat di Masjid Al Hikmah Tanah Hitam.

Shaf Shalat Yang Berjarak dan Wajib Patuhi Prokes

Shalat tarawih tetap terlaksana dalam kondisi pandemi seperti ini namun terlihat memang umat muslim yang mengikut ibadah mengikuti protokol kesehatan.

Baca Juga : Pemprov Papua Akan Berikan Sanksi Bagi Masyarakat Yang Nekat Mudik

Mulai dari shaf shalat yang berjarak, juga mewajibkan jamaah menggunakan masker dan akses masuk ke masjid melalui beberapa jalur berbeda.

Sementara itu, Masjid Agung Asholihin Abepuran juga memberlakukan hal yang sama. Umat muslim yang shalat pada shaf pria nampak memiliki batasan. Masih terdapat beberapa shaf kosong di belakang shaf paling akhir dari jamaah.

Panitia Masjid Agung Asholihin Abepuran juga memberikan dan atau mengatur jarak shaf antara satu dengan yang lain.

Desar Maulana salah satu jaamaah shalat tarawih mengatakan, ia berharap tak ada kluster baru dari pelaksanaan sholat tarawih di Kota Jayapura.

“Sebenarnya warga senang bisa tarawih lagi, tetapi ada yang khawatir dengan masih adanya covid di kota ini,” ujarnya.

Pelaksanaan ibadah puasa sendiri akan dilakukan pada Selasa 13 April 2021.Hal ini menyusul penetapan hasil sidang isbat oleh pemerintah.

Warga Indonesia pun diminta mengikuti protokol kesehatan dalam melaksanakan ibadah puasa selama Ramadhan.