Pekerjaan Terbaik
Apa Pekerjaan Terbaik Bagi Seorang Muslim

Adakah hadis yang mengatakan perihal pekerjaan terbaik bagi seorang muslim? Jawabannya adalah, ada. Beberapa mengira mungkin pekerjaan terbaik adalah berdagang. Sebagian lainnya mengira pekerjaan terbaik adalah yang bermanfaat bagi agama dan masyarakat sekitar. Lantas, mana yang benar?

Keduanya adalah benar. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah bersabda,

عَمَلُ اَلرَّجُلِ بِيَدِهِ, وَكُلُّ بَيْعٍ مَبْرُورٍ – رَوَاهُ اَلْبَزَّارُ، وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ

“Amalan seseorang dengan tangannya dan setiap jual beli yang diberkahi.” (HR. Al-Bazzar dan disahihkan oleh Al-Hakim) [HR. Al-Bazzar, 9:183; Al-Hakim, 2:10; Ahmad, 4:141. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan dilihat dari jalur lainnya].

Namun, ada beberapa hal yang menjadi sorotan dari hadis tersebut. Pertama, bahwa pekerjaan terbaik memiliki ciri-ciri yakni pekerjaan yang halal. Bekerja adalah bentuk tawakal kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam mencari rezeki.

Apa makna dari kalimat ‘pekerjaan dengan tangannya’? Mengutip dari rumaysho, Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan menyebutkan bahwa pekerjaan terbaik seorang muslim adalah pekerjaan yang sesuai dengan keadaan seseorang.

Dalam hadis lainnya, pekerjaan dengan tangan sendiri dapat bermakna memproduksi sesuatu dengan tangan sendiri. Misalnya, bercocok tanam, pengrajin, atau menulis. Sebagaimana hadis,

أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ ، وَإِنَّ نَبِىَّ اللَّهِ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ

“Tidaklah seseorang memakan suatu makanan yang lebih baik dari makanan yang ia makan dari hasil kerja keras tangannya sendiri. Karena Nabi Daud ‘alaihis salam dahulu juga makan dari hasil kerja keras tangannya.” (HR. Bukhari, no. 2072, dari Al-Miqdad). Bahkan sebagaimana disebutkan dalam hadits ini, mencari kerja dengan tangan sendiri sudah dicontohkan oleh para nabi seperti Nabi Daud ‘alaihis salam.

Imam Al-Mawardi: Pekerjaan Terbaik Adalah Bercocok Tanam

Baca juga: Apa Pekerjaan Terbaik Bagi Seorang Muslim

Apakah pekerjaan terbaik adalah berdagang? Jawabannya adalah benar. Syaikh ‘Abdullah Al-Fauzan menyebutkan bahwa berdagang adalah salah satu pekerjaan terbaik seorang muslim. Namun lebih rinci lagi Imam Al-Mawardi rahimahullah, salah seorang ulama besar mazhab Syafii, menjelaskan perkara pekerjaan terbaik.

Beliau menyebut bahwa pekerjaan terbaik adalah bercocok tanam. Hadis sebelumnya menyebutkan bahwa pekerjaan terbaik merupakan pekerjaan hasil tangan sendiri, halal, dan bermanfaat bagi orang banyak. Hal ini yang melandaskan mengapa bercocok tanam menjadi pekerjaan terbaik.

Selain hasil bercocok tanam adalah buah tangan kita sendiri, hasil bercocok tanam dapat bermanfaat bagi orang banyak. Bahkan, bermanfaat bagi hewan dan tumbuhan.

Kendati demikian, sejatinya pekerjaan terbaik adalah yang sesuai dengan kondisi seseorang. Apabila tidak memungkinkan bercocok tanam, maka pekerjaan terbaik baginya adalah yang halal dan berisi kebaikan. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ وَلاَ تَعْجِزْ

“Bersemangatlah melakukan hal yang bermanfaat untukmu dan meminta tolonglah kepada Allah, serta janganlah engkau malas.” (HR. Muslim, no. 2664)

Meski tak dapat bercocok tanam, teruslah bersemangat untuk berbuat kebaikan. Bekerjalah untuk sesuai yang baik, halal, dan bermanfaat bagi agama dan orang banyak.