Atlet NPC Akan Mendapatkan Bonus Berbeda Dari Atlet PON XX
beritapapua.id - Gubernur Papua, Lukas Enembe berikan sambutan dalam pelepasan kontingen NPC Papua. (foto: Jubi)

Gubernur Papua, Lukas Enembe akan memberikan bonus kepada atlet Atlet National Paralympic Committee (NPC) Papua yang tampil pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI yang hanya menyisakan hitungan hari lagi.

Lukas Enembe menyebutkan bonus yang atlet NPC dapatkan akan berbeda dengan atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Ia sangat memberikan perhatiannya kepada para atlet penyandang disabilitas Papua. Menurutnya, para atlet tersebut punya hak yang sama untuk diapresiasi. Oleh karenanya atlet NPC Papua akan mendapatkan penghormatan yang lebih.

“Kalau kita mau kasih bonus terutama atlet disabilitas seharusnya bisa dapat penghormatan lebih besar. Karena atlet disabilitas luar biasa. Kalau di PON XX kita bisa berikan Rp 1 Miliar, atlet disabilitas harus beda. Harapan saya seperti itu,” kata Gubernur dalam sambutannya dalam pelepasan kontingen NPC Papua di Kawasan Olahraga Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/10/21).

Ia juga berharap bahwa pada atlet yang berlaga di Peparnas bisa meraih medali di semua nomor pertandingan dan menjadi juara umum.

“Kita berharap mereka bisa mencapai prestasi yang luar biasa untuk memperebutkan semua medali dan Papua harus menjadi juara,” tambah Gubernur.

Atlet NPC Papua Siap Memberikan Prestasi Terbaik

Ketua kontingen, Nikolaus Kondomo menegaskan, para atlet NPC Papua sudah siap untuk berjuang demi mempersembahkan prestasi terbaik bagi Papua pada event Peparnas XVI.

“Saya selaku ketua kontingen NPC Papua, siap melaksanakan tugas dengan penuh,” kata Kondomo.

Baca Juga: Jelang Pembukaan, Api Peparnas XVI Siap Diarak

Sementara itu, Ketua NPC Papua, H. Jaya Kusuma mengungkapkan, para atletnya sudah melalui persiapan panjang menuju Peparnas XVI.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada atlet-atlet Papua dari 12 cabang olahraga sudah menjalani pemusatan latihan (TC). Beberapa cabor juga dilatih oleh pelatih berpengalaman dan level nasional.

“Sebanyak 12 cabor akan kita ikuti dengan kekuatan atlet berjumlah 280 orang. Kami berusaha untuk memperbaiki posisi peringkat kita di Jawa Barat. Sebagai tuan rumah kita mau juara umum. Kita sangat optimis karena kita sudah latihan cukup lama dan ditangani oleh pelatih-pelatih nasional dan berpengalaman,” kata Jaya Kusuma.

12 cabang olahraga yang akan diikuti pada Peparnas XVI yakni Angkat Berat, Bulutangkis, Tenis Lapangan Kursi Roda, Tenis Meja, Boccia, Sepakbola CP, Menembak, Panahan, Atletik, Renang, Catur dan Judo Tunanetra.