Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional
Beritapapua.id - Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional - Republika

Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional – Dalam setiap kompetisi olahraga, baik nasional maupun internasional, atlet asal Papua tak pernah absen. Sebutlah beberapa ajang bergengsi seperti Asian Games, Sea Games, Piala AFF, hingga PON.

Tak sekedar turut meramaikan, atlet asal Papua kerap menjadi sorotan lantaran kepiawaiannya. Beberapa nama atlet asal Papua tak asing lagi di telinga masyarakat. Seperti Boaz Solossa atau Lisa Rumbewas.

Baca Juga: Action Plan Pengurusan Fatwa Djoko Tjandra

Atlet asal Papua yang berhasil harumkan nama bangsa pada ajang olahraga dunia.

1. Boaz Solossa

Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional
Beritapapua.id – Boaz Solossa – Goal

Siapa yang tak pernah mendengar nama Boaz Solossa? Pria yang andal mengolah kulit bundar ini menjadi inspirasi anak-anak muda Papua, bahkan Indonesia. Ia menjadi salah satu penyerang terbaik dalam kancah sepak bola Indonesia

Pada kualifikasi Piala Dunia 2006 lalu, Boaz menjadi buah bibir pecinta bola. Ia berhasil mencuri hati penonton Indonesia dengan permainannya yang apik. Prestasi cemerlang juga ia raih dalam Piala Tiger 2004. Ia dan Ilham Kesuma menjadi top skorer dalam fase grup ajang bergengsi itu.

Salah satu momen yang membuat dunia melirik pria kelahiran Jayapura 16 Maret 1986 ini adalah laga kontra Uruguay tahun 2017 lalu. Ia menjadi pemain Indonesia yang berhasil menembus pertahanan Uruguay dan mencetak angka.

2. Lisa Rumbewas

Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional
Beritapapua.id – Lisa Rumbewas – gettyimages

Dalam olahraga angkat besi Indonesia, nama Lisa Rumbewas melegenda. Ia adalah perempuan kelahiran Jayapura, Papua, pada 10 September 1980, yang telah memenangkan banyak medali dari ajang internasional.

Lisa meraih medali perak dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi tahun 2006 di Santo Domingo, Republik Dominika. Pada Asian Games 2002, Lisa menyumbang medali perunggu kelas 48 kilogram putri.

Sepanjang kariernya, ia telah menyumbangkan 2 medali perak dari olimpiade internasional. Lisa menyabet medali perak pada ajang Olimpiade Sydney 2000 kelas 48 kilogram putri. Ia juga memperoleh medali perak pada Olimpiade Athena 2004 kelas 53 kilogram putri.

3. Franklin Ramses Burumi

Atlet Papua yang Berlaga di Kancah Internasional
Beritapapua.id – Franklin Ramses Burumi – Kompas

Sempat dipandang sebelah mata, Franklin Ramses Burumi berhasil menyumbang 3 medali emas pada ajang SEA Games 2011. Sprinter asal Papua ini membuktikan ia mampu menjadi juara pada nomor 100 meter, 200 meter, dan 4×100 meter estafet putra.

Awalnya, Franklin bukan merupakan atlet unggulan. Hal ini lantaran ia sempat didegradasi oleh PB PASI serta dianggap tidak mampu menggantikan Suryo Agung Wibowo. Namun, semua anggapan itu ia patahkan.

Selanjutnya, Franklin juga berhasil memperoleh waktu 10,37 detik pada nomor 100 meter SEA Games 2011. Meski belum mampu menyaingi Suryo pada angka 10,25 detik, namun hal itu merupakan capaian yang luar biasa.