Atlet Selam Laut Kembali Sumbang Medali Emas Untuk Kontingen Papua
beritapapua.id - Para Peraih Medali di Nomor FinSwimming 3.000M Putri Cabang Olahraga Selam Laut PON XX PAPUA di Perairan Teluk Yos Sudarso Kota Jayapura, Selasa(12/10/2021). (foto: PB PON XX Papua)

Atlet selam laut, Annisa Fabiola kembali menambah perolehan medali emas dari cabang olahraga selam laut bagi kontingen Papua di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX.

Hasil ini ia dapatkan setelah berhasil mencatatkan namanya menjadi yang tercepat pertama di perlombaan yang berlangsung di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021).

Annisa berhasil menjadi yang tercepat pada nomor Fins Swimming 3.000 meter putri. Sebelumnya, Annisa juga telah mempersembahkan satu emas untuk Papua di nomor 6.000 meter. Hal ini merupakan torehan perstasi yang membanggakan untuk dirinya sendiri dan juga tima Papua. Karena berhasil menyabet dua medali emas pada nomor Fins Swimming 3.000 dan 6.000 meter putri.

Annisa Fabiola sendiri berhasil mencatatkan waktu 38:36:68. Sedangkan untuk posisi kedua ada Nafa Amdea asal Jawa Timur memiliki catatan waktu 38:37:70. Serta wakil Jawa Barat Tio Galuh Maharani yang mencatatkan waktu 38:40:71. Dengan hasil catatan waktu ini, Annisa Fabiola menyingkirkan tujuh atlet pada nomor Fins Swimming 3.000 meter.

Hasil di Nomor 6.000 Meter Putra

Sementara untuk nomor 6.000 meter putra, Atlet Papua Agus Satrio Supoyo kalah bersaing dengan tujuh peselam lain. Agus hanya mampu mencatatkan waktu 01:31:13:62, sementara atlet DKI Jakarta Alexander Damanik tercepat dengan catatan waktu 01.14.05:59. Sedangkan untuk posisi kedua ada Athalarik Maulidio dari Jawa Barat. Untuk posisi ketiga ada atlet asal Sulsel Utara Miki Wowor dengan catatan waktu 01:13:30:73.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Dijadwalkan Tutup Perhelatan PON XX Papua

Pelatih Selam Papua, Absentinus Sembiring mengaku dengan tambahan satu medali emas ini, maka target dua medali emas untuk nomor selam Papua tercapai oleh timnya.

“Namun untuk nomor selam kolam meleset satu, karena dari Ketua POSSI Papua memberi target tiga medali emas nomor kolam dan dua medali emas nomor selam laut,” tutur Absentinus seperti dikutip dari laman resmi PON XX Papua.

Tapi Asentinus optimis, catatan prestasi dari nomor selam laut untuk menambah medali masih terbuka. Sebab Papua masih akan bertanding pada empat nomor laut yakni dua putri dan dua putra.

“Kita masih ada empat nomor pertandingan, Sekarang nomor selam laut sudah tercapai, Untuk pertandingan berikutnya, kita berdoa agar dapat medali lagi,” katanya.