Babinsa Amban Berhasil Temukan Anak Yang Hilang di Manokwari
beritapapua.id - Pratu Seran Babinsa Kelurahan Amban Koramil 1801-01 jajaran Kodim 1801/Manokwari, menemumakn Gress Mandaca anak 7 tahun yang dilaporkan hilang. (foto: Antara)

Prajurit TNI yang merupakan anggota Babinsa Kelurahan Amban, Koramil 1801-01, Kodim 1801/Manokwari, Pratu Seran berhasil menemukan seorang anak perempuan yang hilang di Manokwari.

Kejadian tersebut berawal saat Pratu Seran tengah melaksanakan kegiataan imbauan PPKM di warung-warung makan. Sesampaikan di salah satu warung makan ia melihat ada seorang anak perempuan duduk di sendirian.

Setelah ia perhatian ternyata ada kemiripan anak tersebut dengan foto viral anak yang hilang. Kemudian ia segera mencocokkan wajah sang anak itu dengan foto viral tersebut.

“Saya memperhatikan seorang anak perempuan duduk sendiri di salah satu warung. Saya lalu mencocokkan wajah anak itu dengan foto dan informasi viral media sosial tentang benar itu anak hilang,” ujar Pratu Seran.

Saat itu ia kemudian menanyakan identitas dan alamat orang tua dari anak tersebut. Kemudian Pratu Seran akhirnya mengantarkan anak perempuan tersebut untuk pulang ke alamat yang disebutkan.

“Anak perempuan ini bernama Gress Mandacan berusia 7 tahun beralamat di Jalan Gunung Salju Amban. Kedua orang tuanya sudah meninggal dunia dan Gress tinggal bersama dengan pamannya,” katanya.

Orang Tua Harus Lebih Waspada

Saat menyerahkan Gress ke sang paman, Pratu Seran mengingatkan agar keluarga lebih waspada. Apalagi sang anak kerap bermain jauh dari perkarangan rumah untuk bisa memberikan perhatian yang lebih.

Sementara itu, Danramil 1801-01/Manokwari Mayor Inf D Mendrofa menyampaikan bahwa tindakan dari Babinsa Kelurahan Amban tersebut juga merupakan bagian dari tugas seorang aparay teritotial dalam membantu sesama. Termasuk warga binaan saat menghadapi kesulitan.

Baca Juga: Jelang Natal, Pemprov Papua Terbitkan Surat Edaran PPKM

“Sikap ini sebagai wujud kepedulian seorang Babinsa kepada masyarakat dalam memperhatikan situasi dan kondisi di wilayah teritorialnya,” ujar Danramil.

Sementara itu, Andreas Mandacan menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Babinsa Amban Pratu Seran yang sudah menemukan dan mengantar Gress Mandacan pulang ke rumah setelah meninggalkan rumah sejak Sabtu (18/12/2021).

“Semoga kebaikan dan ketulusan Bapak Tentara diberikan rezeki yang melimpah serta keluarganya pun diberikan pelindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Andreas.