Bahan Baku Vaksin Covid-19, Halal?
beritapapua.id - Bahan Baku Vaksin Covid-19, Halal? - Voi.id

Bahan Baku Vaksin Covid-19, Halal? – Vaksin covid-19 kemungkinan besar akan segera tiba dalam waktu dekat ini. Saat ini Bio Farma sedang melakukan uji klinis ketiga vaksin covid-19 buatan Sinovac asal China. Bagaimana dengan status kehalalan vaksin tersebut ditengah semakin parahnya wabah covid-19 di Indonesia?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat suara memastikan bahwa vaksin covid-19 yang nantinya diproduksi Bio Farma akan terjamin kehalalannya.

Dikutip dari kompas, Erick Thohir mengatakan: “Insya Allah bahan baku halal digunakan untuk vaksin Covid-19, karena Bio Farma sudah menjadi salah satu pusat produksi vaksin halal dunia.”

Erick juga menambahkan bahwa nantinya sertifikasi halal akan dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk bahan baku dan produksi juga telah dipersiapkan. Oleh karena itu Erick meminta agar masyarakat tidak perlu cemas mengenai status kehalalan vaksin covid-19 ini.

Rencananya, Bio Farma juga akan menambah gedung produksi vaksin yang baru dengan kapasitas 150 juta vaksin per tahun pada Desember 2020. Untuk saat ini, kapasitas produksi Bio Farma mencapai 100 juta vaksin per tahun.

Baca Juga: Potensi Toko Curah dalam Memberikan Dampak Lingkungan

Jokowi Meminta Vaksin Agar Segera Diproduksi

Presiden Jokowi menargetkan agar vaksin ini bisa segera di produksi di awal Januari 2021. Dikutip dari ANTARA, Jokowi mengatakan, “Perkiraan kita akan masuk produksi kira-kira antara Januari-April tahun depan.”

“Uji klinis kalau tidak salah sudah sampai uji ke-3, tapi perlu 6 bulan untuk uji terakhir, jadi kira-kira diproduksi Januari sampai April (2021),” tambah Presiden.

Jokowi sendiri menargetkan produksi sebanyak 347 juta vaksin. Dia pun meminta agar nantinya penduduk Indonesia bisa divaksin 2 kali.

Jokowi juga meminta agar vaksin tersebut nantinya diprioritaskan terlebih dahulu untuk tenaga kesehatan dan kelompok yang rentan.