Bangkitkan Semangat Klub Dengan Jayapura Rugby Festival
Suasana Jayapura Rugby Festival (foto : kabarpapua.co)

Jayapura Rugby Festival 2021 adalah gelaran turnamen olahraga rubgy untuk membangkitkan semangat klub-klub rugby pada masa pandemi Covid-19 seperti ini. Event sudah mulai sejak November lalu ini, baru saja menyelesaikan babak finalnya. Pelaksaaan babak finalnya terjadi pada Sabtu (20/3/31) di Lapangan Trikora, Padang Bulan, Kota Jayapura.

Pelatih klub rugby Holandia maupun penggagas Jayapura Rugby Festival, Nico Joku mengatakan, event ini sudah mulai sejak November dan melakukan pertandingan setiap Minggu dengan melibatkan 3 klub rugby di Kota Jayapura di kategori junior hingga senior.
Joku menuturkan, gelaran turnamen ini untuk memotivasi klub-klub rugby di Kota Jayapura agar tetap bersemangat meskipun di tengah pandemik.

“Kita adakan untuk klub-klub di Kota Jayapura, dari pada semangat hilang kita buat kegiatan ini setiap minggu. Sudah lumayan banyak atletnya, setiap hari ada penambahan atlet. Ini turnamen internal klub saja, ada 3 klub yang ikut dari 4 klub yang ada. 3 klub itu yakni Holandia, Black Warriors dan Maoro Lakers,” ujar Joku.

Suasana Pandemi Tak Menghalangi Antusias Klub

Ia menjelaskan, meskipun masih dalam suasana pandemi, namun peserta dari masing-masing klub di semua kategori cukup antusias.

Bahkan dengan adanya turnamen yang digelar tiap minggu ini telah memberikan dampak positif, terutama bagi atlet-atlet junior.

“Kebanyakan 10 tahun ke atas, dan mereka antusias karena kegiatan positif. Intinya kegiatan ini untuk semangat saja. Kita lihat selama turnamen ini digelar para atlet junior terlihat berubah dari segi kedisiplinan. Mereka banyak mendapatkan masukan dari para seniornya,” ungkap Joku.

Baca Juga : Kabar Gembira! Persipura Jayapura Siap Kembali Merumput

Ia juga berharap, akhir tahun ini mereka bisa mengikuti turnamen di luar daerah, atau mungkin membuat sebuah turnamen dengan mengundang klub-klub dari luar daerah.

“Kita biasanya ada ikut pertandingan di Jakarta dan Bali. Sementara koordinasi semoga akhir tahun bisa kita main di luar atau mengundang klub luar ke sini.

Joku menambahkan, Jayapura Rugby Festival ada bukan hanya untuk membentuk persaingan antar klub, tapi lebih kepada kebersamaan dan persaudaraan antar klub rugby di Kota Jayapura.

Mendali Jayapura Rugby Festival Terbuat Dari Ukiran Kayu Khas Asmat

Jayapura Rugby Festival terlihat beda dan menarik karena mendali yang ada pada gelaran ini terbuat dari kayu yang pemuda-pemuda Asmat buat khusus dan khas daerah tersebut.

“Dari awal saya tidak menekankan juara saja tetapi lebih untuk memberikan motivasi bagi mereka. Piagam dan medalinya kita kasih untuk menyemangati mereka. Medali diukir dari kayu dengan motif pahatan Asmat. kita sekaligus mempromosikan itu juga untuk bisa digunakan pada kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) Kota Jayapura, Desi Wanggai mengapresiasi iven tersebut. Menurutnya, event ini untuk menumbuhkembangkan semangat olahraga rugby di Kota Jayapura.

“Kami selama ini memberikan binaan kepada klub-klub di Kota Jayapura yaitu ada 3 klub yakni Holandia, Black Warriors dan Manuay. Jadi kegiatan ini merupakan ajang yang dilakukan oleh himpunan klub di Kota Jayapura. Walaupun di masa pandemi kami tetap menjaga dengan menerapkan protokol kesehatan. Yang utamanya dengan berolahraga supaya tetap sehat, jadi kami dari PRUI Kota Jayapura sangat mengapresiasi sekali karena ini juga untuk menjaga silatuhrahmi dan dapat mengembangkan olahraga ini di Kota Jayapura,” ujar Wanggai.

Ketua Lama PRUI Kota Jayapura, Adolf Siahay menuturkan, selama ini pengembangan rugby di Kota Jayapura cukup positif dan semakin familiar.

“Kota Jayapura sendiri sudah pernah menjadi tuan rumah turnamen Papua Rugby Open sehingga minat masyarakat cukup tinggi walau dalam masa pandemik ini latihan tidak pernah berhenti. Junior yang ada saat ini juga bagian dari pengembangan olahraga rugby di masa depan,” kata Adolf.

Hasil babak final Jayapura Rugby Festival 2021 sendiri adalah Juara 1 Putra klub Black Warrior, Juara 2 klub Maoro, Juara 3 klub Holandia. Sedangkan di kategori putri Juara 1 klub Holandia dan Juara 2 klub Maoro.