Bantu Korban Banjir Jayapura, KKAMT Manokwari Lakukan Galang Dana
beritapapua.id - Suasana galang dana oleh KKAMT Manokwari untuk korban banjir di Jayapura. (foto: istimewa)

Kerukunan Keluarga Ambon Maluku Tengah (KKAMT) Kabupaten Manokwari melakukan penggalangan dana untuk korban banjir di Jayapura, Papua.

Kegiatan itu sendiri terlaksana di perempatan T.L Haji Bauw, Jalan Trikora Wosi, Manokwari, Papua Barat, pada Senin (10/1/2022).

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Ketua KKAMT Manokwari, Romer Tapilatu didampingi Sekretaris KKAMT Ahmad Jaiz Elly serta sejumlah pemuda dan pengurus KKAMT.

Menurut Romer, aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian atas musibah yang terjadi di Jayapura, Papua.

“Kami turun saat ini bersama teman–teman dan kerukunan lainnya adalah untuk bagaimana bisa bersama mewujudkan rasa solidaritas. Kami di KKAMT berharap agar nantinya penyaluran dan penggunaan dana yang terkumpul ini juga dapat tepat sasaran membantu,” harap Romer Tapilatu.

Selain itu, sudah menjadi suatu kewajiban bagi sesama masyarakat untuk turut membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Jayapura Papua.

“Tujuan aksi solidaritas ini tentu sebagai bagian mengurangi beban mereka di sana. Kita tahu bahwa banyak kejadian bencana alam beberapa waktu terakhir terjadi di tanah air, dan secara khusus di Tanah Papua. Jadi kalau bukan kitorang ini siapa lagi,” kata Romer.

Membantu Korban Banjir

Senada, Ketua/Koordinator Aksi Lapangan, Kerukunan Pemuda–Pemudi Kei di Manokwari Soleman Sarkol mengatakan, sama halnya dengan KKAMT atau kerukunan keluarga lainnya, aksi penggalangan dana tersebut sepenuhnya untuk membantu korban banjir yang ada di Jayapura, Papua.

Baca Juga: Bupati Jayawijaya Minta Langkah Cepat Selesaikan Bentrok di Wouma

“Kami melakukan aksi penggalangan dana untuk korban banjir dan bencana longsor ini karena merasa terpanggil. Selain itu, melalui aksi sosial kemasyarakatan seperti ini dapat memotivasi dan menjadi acuan kepada generasi Pemuda Maluku, secara Khusus Pemuda–Pemudi Kei, Maluku Tenggara yang ada di Manokwari untuk terus menjadi generasi yang mengamalkan kebaikan bagi sesama. Harapannya kebersamaan itu harus terus untuk dijaga,” katanya.

Sebelumnya memang beberapa wilayah di Kota Jayapura, Papua, Kamis (6/1/2022) malam terkena banjir. Akibatnya beberapa rumah warga dan fasilitas publik pun ikut terendam banjir. Selain banjir, hujan deras di Jayapura juga menyebabkan terjadinya tanah longsor, yang menyebabkan 7 warga meninggal dunia. Saat ini Ratusan Kepala Keluarga (KK) telah dievakuasi ke lokasi pengungsian