Bantuan Langsung Tunai Akan Segera Cair Setelah Lebaran
beritapapua.id - Bantuan Langsung Tunai Akan Segera Cair Setelah Lebaran - Antara

Ketua Lintas Generasi Eragayam (LGE), Welingson Karoba, minta Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah segera salurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Bahan Makanan (Bama) dalam rangka Covid-10 yang sejauh ini belum disalurkan. Hal itu disampaikan Karoba bertepatan dengan rencanan kunjungan Wakil Bupati Mamteng ke distrik Erageam untuk melaksanakan sosialisasi Covid-19.

“Kami seluruh masyarakat akan mengikuti apa yang disampaikan Pemkab Mamteng yang hendak tes dan sosialisasi Covid -19. Tetapi dengan syarat, Bapak Wakil Bupati sebagai ketua tim gugus tugas Covid-19 agar sertakan BLT yang terlepas dari dana kampung dan bantuan Bama,” kata Welingsong kepada suarapapua.com di Wamena, Senin (25/5/2020). Ia berharap supaya rencana kegiatan yang hendak dilaksanakan di Eragayam dipusatkan di satu tempat, yaitu kantor distrik Eragayam.

“Ada informasi kunjungan pemerintah itu dibagi dua tim. Kami seluruh elemen masyarakat tegas menolak untuk dibagi dua tempat dan dua tim. Kami mau semua tergabung dalam satu tim dan dipusatkan di kantor distrik Eragayam. Lagian kantor distrik Eragayam kan satu,” katanya.

Baca Juga: Dua Orang Tim Medis di Papua Diserang KKB Saat Mengantar Obat

“Pelan Awas”

Sementara itu, Pius Gombo, atas nama Lintas Generasi Eragayam, mengklarifikasi kalimat “Pelan Awas” yang beredar di media sosial, seolah-olah arti kalimat itu untuk merencanakan pemalangan perihal kunjungan Pemkab ke Eragayam.

“Yang sebenarnya, maksud dari kalimat “Palan Awas” yang pernah kami muat itu adalah kami mau palan di dua titik mata jalan. Jalan masuk melalui desa Mabuna ke distrik Eragayam dan di depan kantor desa Kino. Jadi sama sekali tidak bermasuk melakukan pemalangan kehadiran pemerintah,” jelas Gombo.

Selanjutnya kata dia, pihaknya dari Lintas Generasi Eragayam sangat mendukung kunjungan Pemkab Mamberamo Tengah di distrik Eragayam.

Begitu pula yang disampaikan Kepala Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Wamena, Eko, mengatakan dana desa akan cair dalam waktu dekat setelah libur lebaran karena semua berkas untuk pencairan dana tahap pertama suda dimasukan oleh semua kepala kampung.

Dana sebanyak 35 persen dari jumlah dana kampung akan di jadikan sebagai dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

“Dana desa Kabupaten Jayawijaya berkasnya sudah masuk ke KPPN tanggal 20 Mey 2020. Sudah kita cek persyaratanya dan sudah memenuhi semua,” kata Eko di Wamena belum lama ini.

Maka setelah libur lebaran kata Eko, bisa cair pada tanggal 26 Mei 2020. Sedangkan persyaratan yang memang secara rinci akan dipindahkan ke tahap tiga, agar tahap satu dan dua bisa cepat cair ke masyarakat.