Beberapa Fraksi DPRD Jayapura Setujui LKPD Tahun Anggaran 2020
beritapapua.id - Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020 (foto : jubi)

Sejumlah lima fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Jayapura menyatakan menerima dan menyetujui LKPD atau Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2020.

Dalam penyampaian LKPD rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jayapura. Pendapat APBD Kabupaten Jayapura Tahun Anggaran 2020 mencapai Rp1,452 triliun, sementara Belanja Rp1,293 triliun. Nilai sisa lebih anggaran APBD Kabupaten Jayapura Tahun 2020 mencapai Rp257,5 miliar.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyampailan ucapan terima kasih dan apresiasi seluruh anggota dewan yang telah memaparkan pandangan dan masukan atas LKPD tersebut. Giri menyatakan dukungan DPRD Kabupaten Jayapura dan masyarakat juga harus turut serta memberikan saran ataupun usulan guna menjalin kekompakan.

“Ada sejumlah masukan yang menjadi perhatian serius kami sebagai eksekutif. Semua saran dan usul tentunya harus kita laksanakan secara bahu membahu, menjalin kekompakan dan keharmonisan dalam membangun daerah ini,” ujar kata Giri dalam sambutannya.

Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Klemens Hamo menyatakan pihaknya telah memperoleh gambaran kondisi objektif kinerja keuangan Pemerintah Kabupaten Jayapura pada tahun anggaran 2020.

“Apa yang telah tersampaikan melalui pandangan fraksi, kiranya dapat kita perhatikan dengan baik dan bisa kita laksanakan untuk kepentingan masyarakat secara merata, adil, dan bermartabat,” kata Hamo.

Walkot Jayapura Sampaikan LKPD Anggaran 2020 Saat Rapat Paripurna

Sebelumnya Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 pada rapat paripurna DPRD Kota Jayapura di hotel Horison Padang Bulan, Kamis (17/6/2021).

Wakil Ketua I DPRD Jhon Y. Beatubun dan Wakil Ketua II Silas Youwe memimpin rapat tersebut. Wali Kota Benhur Tomi Mano dan Wakil Wali Kota Rustan Saru, para asisten dan Kepala OPD juga ikut serta hadir dalam rapat paripurna ini.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Jayawijaya Akan Tes Antigen Pengungsi Yalimo

Wali Kota Tomi Mano megatakan, laporan keuangan pemerintah daerah ini telah diaudit oleh BPK RI perwakilan Provinsi Papua dengan opini yang diberikan ” Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah merupakan bagian yang tak terpisahkan dari laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) atas penyelenggaraan pemerintahan selama tahun anggaran 2020,” ujarnya.

Bahkan ia menegaskan, bahwa pemerintah Kota Jayapura telah berhasil menerapkan 4 wilayah tertib berintegrasi. Sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahan, yakni wilayah tertib aturan wilayah tertib administrasi wilayah WTP dan wilayah bebas korupsi.