Beberapa Nakes Terpapar Covid-19, RSUD Merauke Ditutup
beritapapua.id - Direktur RSUD Merauke, dr. Yenni Mahuze, sedang komunikasi dengan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka (foto : jubi)

Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke terpapar Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit maupun karantina mandiri. Instalasi gawat darurat (IGD) serta kamar bersalin di rumah sakit rujukan di wilayah selatan Papua itu sementara waktu ditutup.

“Kami masih melakukan pendataan secara pasti dan jelas jumlah nakes yang terpapar Covid-19. Sehingga jumlahnya belum dapat disampaikan,” ungkap dr. Paul Kalalo, salah seorang dokter di RSUD Merauke, ketika dihubungi Jubi melalui telpon selulernya, Kamis (8/7/2021).

Dikatakan, nakes yang terpapar Covid-19 adalah risiko dan konsekuensi dari pekerjaan saat melaksanakan tugas dan tanggung jawab merawat pasien.

Khusus dua ruangan pelayanan di RSUD Merauke yang ditutup, menurutnya, telah diumumkan secara resmi. Sejak Kamis pekan lalu IGD dan ruang bersalin di RS tersebut sudah tak beroperasi.

Ditambahkan, dengan adanya sejumlah nakes terpapar Covid-19, pihaknya telah melaporkan juga kepada pimpinan daerah agar ada penambahan nakes karena jumlahya berkurang.

Update Informasi Kasus Corona 8 Juli 2021 di Merauke

Sementara, data yang dirilis Dinas Kesehatan Merauke, sampai Kamis (8/7/2021), sebanyak 395 orang di kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini ini terpapar Covid-19. Sementara yang meninggal mencapai 75 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevil Muskita, minta kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dan selalu memakai masker, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan.

Baca Juga : Pemkab Jayawijaya Tutup Sementara Akses Menuju Bandara Wamena

“Betul jumlah pasien Covid-19 terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Selain pelaku perjalanan, juga kontak erat dengan keluarga,” ungkapnya.

Update Informasi Kasus Corona 12 Juli 2021 di Indonesia

Update terbaru jumlah kasus corona atau Covid-19 di Indonesia kembali diunggah pada sore hari tanggal 12 Juli 2021. Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan, jumlah kasus corona per Senin sore, 12 Juli 2021 mencapai 2.567.630 orang. Angka ini didapat karena penambahan kasus corona harian dalam 24 jam tercatat sebanyak 40.427 orang, tertinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Selanjutnya, untuk pasien Covid-19 atau kasus corona yang dinyatakan sembuh dari pandemi mengalami pertambahan sebanyak 34.754 orang. Maka dari itu, akumulasi kasus corona atau pasien Covid-19 sembuh untuk hari ini mencapai sebanyak 2.119.478 orang.

Adapun pasien Covid-19 atau kasus corona meninggal dunia pada sore hari ini bertambah hingga 891 orang. Kini, total keseluruhan kasus kematian akibat Covid-19 di Indonesia menjadi 67.355 orang.