Benarkah Dahulu Pizza Adalah Makanan Kaum Papa?
Ilustrasi Pizza dengan roti tebal (foto : shutterstock)

Piza (Pizza), makanan yang identik dengan Italia ini merupakan hidangan cepat saji yang menjadi favorit kaum menengah ke atas. Katanya, dahulu di Italia, hidangan ini menjadi sajian yang disimbolkan dengan kaum fakir. Benarkah?

Pizza, konon berasal dari bahasa Latin “pinsa” yang berarti roti datar. Namun masih ada perdebatan atas asal kata ini.

Menurut legenda, tentara Romawi mengadopsi pizza dari jenis makanan serupa yang didapatkan dari kulinari Yahudi yang bermukim di Palestina.

Mereka kemudian mengembangkan hidangan ini menjadi piza modern yang kita kenal sekarang. Hidangan ini dahulu merupakan penganan yang dekat dengan kaum tani yang sederhana.

Seonggok roti datar yang hanya dibalur dengan minyak zaitun dan rempah-rempah sederhana untuk dinikmati bersama keluarga.

Baca Juga : Pelik Permasalahan Grooming Oom-Oom dan Remaja Perempuan

Hidangan ini kemudian mengalami transformasi sejalan dengan berkembangnya waktu dalam penyebarannya. Keju pun mulai ditambahkan.

Pada abad ke-18 mulailah tomat ditambahkan sebagai saus yang dioleskan pada adonan piza sebagai toping tambahan.

Modifikasi ini dimulai oleh orang-orang jelata di Napples, Itali kala itu. Bukan hanya tomat, mereka menggunakan segala jenis buah yang bisa mereka temui sebagai topping pada piza mereka.

Pizza Dalam Sejarah Modern

Migrasi besar-besaran orang Itali ke Amerika Serikat (AS) menjadi titik awal penyebaran pizza di dunia.

Pertama kali diperkenalkan di New York, AS, hidangan ini dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru AS. Rasa dan bentuk pun disesuaikan dengan lidah lokal.

Di AS, ada dua jenis pizza secara umum. Yang pertama dengan adonan bundar yang tipis dengan topping tomat dan daging serta keju, yang kedua dengan gaya Chicago.

Chicago Deep Dish Pizza adalah jenis pizza tebal dengan isian keju dan daging yang melimpah. Sesuai dengan namanya, hidangan dengan jenis ini identik dengan kota Chicago, AS, dan tidak ditemui di negara asalnya, Itali.

Sedangkan pizza yang lazim kita temui di Indonesia dengan adonan roti yang tebal adalah ciri khas dari pizza dengan gaya New York.

Sekilas itulah sejarah bagaimana hidangan kaum jelata ini bisa menyebar ke seluruh penjuru bumi, bahkan menjadi standar makanan kaum metropolitan.

Referensi


Life in Italy – History of Pizza