Berikan Stimulus Listrik, PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah
Ilustrasi pengisian token listrik (foto : tempo.co)

Berikan Stimulus Listrik, PLN Siap Jalankan Keputusan Pemerintah – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero siap menjalankan keputusan pemerintah untuk perlindungan sosial di tengah pandemi Covid-19. Sehingga perusahaan Negara ini akan memberikan stimulus listrik pada periode bulan April–Juni 2021.

Penerima stimulus listrik dengan skema perpanjangan diskon seperti, pelanggan subsidi dari masyarakat kurang mampu, yakni pelanggan rumah tangga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA.

Tujuannya adalah untuk meringankan beban masyarakat, khususnya berkategori ekonomi lemah dan pemberiannya harus tepat sasaran.

“Stimulus ini maksudnya adalah bantuan Pemerintah kepada masyarakat yang berdampak ditengah pandemi covid-19,” ujar General Manager (GM) PT PLN Cabang Nabire, Robert Rumsaur, Rabu (7/4/2021).

Stimulus Listrik Sudah Pemerintah Berikan Sejak Maret 2020

Rumsaur menjelaskan, stimulus sudah pemerintah berikan sejak maret 2020 silam, dan selama setahun saat pandemi ini hingga maret 2021, khususnya daya 450 VA untuk rumah tangga.

Sehingga, pelanggan di Nabire yang mendapatkan gratis pembayaran selama satu Tahun sebanyak kurang lebih 4.000 ribu pelanggan.

Penerima manfaat terdiri dari dua jenis yakni yang memiliki meteran lama pasca bayar dan meteran baru pra bayar. Teknis pembagian bantuan dalam bentuk stimulus yakni jika meteran lama, maka otomatis ketika rekening baru terbitkan otomatis langsung nihil.

Sementara listrik prabayar akan mendapatkan berupa token gratis, yang PLN telah siapkan. Dan pelanggan tinggal mengambil di kantor layanan.

“Pamerintah melihat bantuan masih dibutuhkan masyarakat sehingga memperpanjang selama tiga bulan,” jelasnya.

Baca Juga : Pemerintah Kabupaten Jayawijaya Melakukan Vaksinasi Massal

Namun menurutnya, terdapat presentase berbeda dalam pemberian untuk toga bulan ke depan. Yakni untuk pelanggan 450 VA yang tadinya gratis hanya akan mendapatkan 50 persen. Untuk pelanggan 900 VA yang sebelumnya mendapat diskon 50 persen. di april sampai juni 2021 triwulan kedua mendapatkan diskon 20 persen.

Misalkan daya 450 VA ketika rekening tagihan keluar sebesar Rp 50.000, maka setelah di sistem otomatis menjadi Rp 25.000 dari diskon 5 persen.

“Jadi gratis yang dimaksud adalah 50 persen, kalau Tahun lalu memang tanpa biaya sama sekali,” tuturnya.

Pelanggan PLN Nabire Bisa Memanfaatkan Bantuan Pemerintah

Robert Rumsaur berharap kepada pelanggan PLN di Nabire agar memanfaatkan bantuan pemerintah dengan baik. Selain itu, ia juga meminta masyarakat untuk ikut memelihara aset Negara khususnya PLN atau kelistrikan.

Ia menjelaskan, tagihan rekening listrik jangan sampai menunggak terutama untuk meteran lama atau pascabayar. Selain itu, jangan sampai terjadi pencurian aliran listrik sebab tentunya akan merugikan Negara.

“Kami harap bantuan ini dimanfaatkan. Juga harus rutin membayar dan tidak sampai menggunakan aliran secara ilegal,” harap Rumsaur.

Terpisah, salah satu pelanggan PLN di Kampung Bumi Raya, Sumarno, berterima kasih kepada bantuan yang ia terima. Sumarno mengaku selama setahun hampir tidak membayar tagihan listriknya.

“Terima kasih pemerintah dan PLN, saya kalau tidak salah ingat hampir setahun ini tidak bayar listrik,” kata pelanggan ini.