Billy Mambrasar: Pemberdayaan Masyarakat Papua Dalam Pembangunan
Beritapapua.id - Billy Mambrasar: Billy Mambrasar: Pemberdayaan Masyarakat Papua Dalam Pembangunan - Publicanews

Billy Mambrasar: Pemberdayaan Masyarakat Papua Dalam Pembangunan – Dalam pertemuannya dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa, Selasa (8/9/2020). Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar menyampaikan keinginannya agar masyarakat asli Papua dapat ikut dilibatkan dalam Pembangunan Tanah Papua.

“Saya selama ini sudah mendorong beberapa pergerakan untuk memajukan pembangunan tanah Papua dalam bidang kewirausahaan, ekonomi kreatif, pendidikan, dan ekonomi hijau. Saya juga memberikan perencanaan tersebut kepada menteri, dan berharap agar pembangunan yang dilakukan ke depannya tidak merusak lingkungan, akan tetapi tetap berbasis pemberdayaan masyarakat asli.” Jelas Billy.

Selain itu, Billy yang juga menjabat yang sebagai Duta Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan RI, menyampaikan kemajuan kerjanya sejak penunjukannya pada Agustus 2019. Ia juga memaparkan aspirasi dan program kerjanya untuk memajukan pembangunan berkelanjutan tersebut.

Sustainable Development Goals (SDGs) sendiri merupakan acuan bersama yang terdiri dari tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan. Bersamaan dengan negara anggota PBB untuk membuat perencanaan pembangunan masing-masing. Dalam implementasi SDGs, melibatkan peran seluruh komponen masyarakat.

Billy Mambrasar sendiri mendapat tugas khusus dari Kementerian PPN/Bappenas untuk fokus pada pendidikan dan kewirausahaan serta pengembangan wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) Indonesia. Adupun tugas tersebut yakni, Pertama mendirikan 10 Pusat Belajar Literasi pada Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan NTT. Kedua, mendirikan 3 Pusat Pengembangan Kewirausahaan di Aceh, Maluku, dan Provinsi Papua. Ketiga, mengadakan Pelatihan Kewirausahaan di 10 kota di wilayah Provinsi 3T di Indonesia. Keempat, mendirikan 2 Pusat Belajar berbasis Perlindungan laut pada Provinsi Papua Barat (Raja Ampat) dan Provinsi Papua (Yapen). Dan terakhir adalah mendorong lahirnya Hari Pembangunan Berkelanjutan Nasional bersama 2 Duta SDG’s lainnya.

Baca Juga: Pemberlakuan PSBB Akibatkan IHSG Menurun

Menteri PPN/Bapenas Mengapresiasi Hal Tersebut

Billy Mambrasar: Pemberdayaan Masyarakat Papua Dalam Pembangunan
Beritapapua.id – Billy Mambrasar: Pemberdayaan Masyarakat Papua Dalam Pembangunan – Minews

Menteri Suharso Monoarfa mengaspresiasi program-program kerja tersebut. Ia menerima hal tersebut dengan baik dan akan melakukan perencanaan untuk tindak lanjut. Billy Mambrasar pun berkomitmen untuk mendorong implementasinya serta terus mengawasi prosesnya lebih lanjut.

“Papua masih tertinggal pembangunannya, saya harap kita bisa segera mengejar ketertinggalan tersebut. Akan tetapi selalu saya tekankan, pembangunan tersebut harus selalu mengutamakan orang asli Papua sebagai penggeraknya, itu harus.” Kata Billy Mambrasar.

Sebelumnya penunjukannya sebagai Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar telah aktif mendorong ekonomi hijau. Bersama Yayasan Inisiatif Dagang Hijau yang didukung oleh Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi pada 2019 lalu. Putra asli Papua ini mendorong konsep investasi hijau Papua (Green Investment Blueprint in Papua) dengan menjadi salah satu konsultannya.