Bioskop Indonesia Akan Segera di Buka Kembali
beritapapua.id - Bioskop Indonesia Akan Segera di Buka Kembali - Tempo

Ada Kabar gembira untuk kamu para pecinta film. Sebentar lagi, bioskop Indonesia akan segera dibuka, tepatnya di hari Rabu 29 Juli 2020. Nantinya Bioskop akan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebelumnya, CGV dan Cinema XXI telah menyiapkan peraturan baru yang harus dipatuhi oleh pengunjung dan petugas.

Peraturan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020. Serta Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Menteri Pariwisata, Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020.

Pihak bioskop juga menetapkan aturan kewaspadaan terhadap penyebaran virus covid-19. Di antaranya pengecekan suhu dengan perangkat infra merah hingga jumlah penonton yang disesuaikan. Bioskop ini juga menetapkan aturan wajib tiap pengunjung harus mengenakan masker.

Di luar negeri seperti Korea Selatan, bioskop memang tidak ditutup karena negara tidak mengimplementasikan penguncian. Namun, protokol kesehatan tetap diberlakukan di bioskop. Di teater CGV, bioskop Korea Selatan dibawah naungan CJ Group, di Yeouido, Seoul barat, memiliki sebuah eksperimen khusus dan menarik telah dilakukan, yakni bioskop tanpa kontak.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Suku Asmat di Papua

Aturan Baru Menonton Film di Bioskop Indonesia Sesuai Protokol Kesehatan

Sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, pihak bioskop akan di tetapkan peraturan baru demi mengurangi penyebaran wabah covid-19. Diantaranya dengan menerapkan sistem pembayaraan digital. Hal ini mereka lakukan untuk mencegah sentuhan fisik antara pengunjung dan karyawan.

Selain menerapkan sistem pembayaran digital, bioskop juga akan mengatur jarak antar penonton di dalam studio. Dengan menerapkan physical distancing antara penonton di dalam studio, akan ada pembatasan jumlah penonton. Kursi akan diatur berjarak minimal 1 meter bertujuan untuk menghindari kontak fisik antar pengunjung. Pihak bioskop juga menyediakan hand sanitizer di setiap area.

Terakhir, Cinema XXI akan melakukan pengecekan suhu badan kepada setiap pengunjung dan petugas sebelum memasuki area bioskop. Selain itu pengunjung dan petugas juga wajib menggunakan masker.

Diharapkan ada kerjasama yang baik antara pengunjung dan pengelola untuk mensukseskan pembukaan bioskop nanti. Masing-masing pihak harus mentaati peraturan yang berlaku agar maksimal. Peraturan tersebut mencangkup dengan adanya larangan anak dibawah umur 10 tahun dan lansia dilarang untuk datang ke bioskop.