BKPRMI Papua Lantik Dewan Pengurus Daerah Kota Jayapura dan Keerom
beritapapua.id - Suasana pelantikan Dewan Pengurus Daerah BKPRMI Kota Jayapura dan Kabupaten Kerom. (Foto: Papuainside)

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Papua melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) BKPRMI Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Pelaksanaan pelatikan ini berlangsung di Hotel Horison Abepura, Sabtu (15/1/2022) malam.

Pelantikan dengan tema Peran Pemuda Remaja Masjid dalam Pembangunan di Papua Menuju Masyarakat yang bermartabat dan Berkeadilan.

Dalam kegiatan pelantikan tersebut turut hadir Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM.

Kepada Pengurus BKPRMI Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, Lukman Nurdiansyah Reliubun, mengatakan bahwa BKPRMI Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom harus bisa bersinergi dengan pemerintah untuk kemakmuran masjid.

“Kota Jayapura maupun Keerom harus bersinergi dengan pemerintah, tidak boleh ada gerakan tambahan. Tugas kita jelas yaitu memakmurkan masjid,” katanya.

Ia juga menjelaskan, BKPRMI selama ini turut ambil bagian dalam melaksanakan aksi sosial, terutama saat musibah kebakaran dan lainnya.

Pendekatan Minat dan Bakat Pemuda Masjid

Lukman menjelaskan bahwa BKPRMI Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom selama ini juga terus melakukan pendekatan minat dan bakat bagi pemuda masjid yang ada.

Untuk itu ia berharap kegiatan tersebut dapat terus berjalan sehingga menjauhkan pemuda dari hal terlarang seperti minuma keras maupun narkoba.

“Jangan sampai remaja muslim dekat dengan botol dan jarum suntik. Kita rangkul mereka dengan kegiatan minat bakat baik bela diri dan kegiatan lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Sebanyak 5 Persen Warga di Kota Jayapura Terpapar Covid-19

Meski begitu, tetap sentuhan religi kepada pemuda-pemuda muslim diharapkan terus dilakukan.

“Dalam waktu dekat kami akan lakukan program rutin donor darah dan khitanan massal dalam menyambut bulan suci ramadhan,” katanya lagi.

Sementara, Rustan Saru mengharapkan komunikasi pemuda dan remaja masjid dengan pemerintah daerah terus berjalan.

Pemuda masjid diharapkan mampu meningkatkan kemakmuran masjid dengan berinovasi dan melaksanakan kegiatan yang positif.

Selain itu, terang Rustan, pemuda masjid juga diharapkan mampu bersinergi dengan seluruh elemen masyarat dalam hal mengutamakan perdamaian. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Sehingga kedepan mereka mempunyai roh atau pemikiran yang religius dan intelektual yang baik dan dapat mengabdi kepada bangsa,” kata Rustan.